Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Plt. Bupati Hadiri Rapat Paripurna DPRD Badung yang Agendakan PAW

Plt. Bupati Drs. Ketut Suiasa, SH. (foto/Ist)

Badung, PorosBali.com- Plt. Bupati Badung Drs. Ketut Suiasa, SH, Senin (21/10/2024) menghadiri rapat paripurna DPRD Badung yang dipimpin Ketuanya Gusti Anom Gumanti. Rapat paripurna tersebut mengagendakan pergantian antarwaktu (PAW) dari Putu Alit Yandinata kepada penggantinya Putu Sekarini.

Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Badung Gusti Anom Gumanti bersama tiga wakilnya yakni AA Ngurah Ketut Agus Nadhi Putra, Made Wijaya, Made Sunarta, Sekwan Gusti Agung Made Wardika bersama anggota DPRD Badung lainnya. Hadir juga Pj. Sekda IB Surya Suamba, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), perwakilan Forkopimda, serta ratusan undangan lainnya.

Usai mengikuti rapat paripurna tersebut Plt Bupati Ketut Suiasa menyatakan, pihaknya bersama DPRD Badung melaksanakan kewajiban konstitusional yakni peresmian dan pengangkatan anggota DPRD Badung pergantian antarwaktu (PAW) atas nama Putu Sekarini. “Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada Putu Sekarini telah kembali menjadi anggota DPRD Badung,” tegasnya.

Proses peresmian pengangkatan Putu Sekarini sudah menempuh proses sesuai dengan ketentuan. Untuk itu, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Ketua, Wakil Ketua dan seluruh jajaran DPRD Badung yang telah melaksanakan kewajiban konstitusional dengan baik. “Proses ini bahkan memerlukan waktu yang tidak terlalu lama untuk melaksanakan presisi sidang paripurna ini. Itu menjadi kebanggaan kita bersama bahwa DPRD mampu melaksanakan kewajiban konstitusionalnya dengan baik,” tegasnya.

Baca Juga: Turun ke RSD Mangusada, Anggota DPRD Badung Atensi Layanan Kemoterafi

Dia berharap dengan sudah lengkapnya komposisi anggota DPRD Badung saat ini, akan memberikan nilai positif dan produktif bagi kinerja DPRD Badung sebagai mitra pemerintah daerah untuk sama-sama melaksanakan kewajiban konstitusional dengan fungsi tugas masing-masing. Ini juga akan mempercepat kesejahteraan dan peningkatan proses pembangunan di Kabupaten Badung di masa depan.

Ditanya urgensi PAW ini, Suiasa menyatakan begitu penting dan strategis. Kita sadar bahwa anggota DPRD itu adalah personal yang memiliki nilai keterwakilan konstituen yang begitu besar. Ketika dia duduk menjadi anggota DPRD, dia memiliki keterwakilan besar masyarakat Badung secara keseluruhan. Satu orang pun anggota Dewan sangat strategis karena memberikan nilai tambah dan produktivitas dalam bekerja dan dinamika penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Satu orang itu jangan diartikan sepele. Bukan masalah jumlah tetapi kewenangan fungsi dan tugas penting dan strategis itulah yang mendasari. PAW ini saya katakan tadi sangat penting dan strategis dilaksanakan secepat-cepatnya,” ujarnya lagi.

Ditanya soal investor di pantai Berawa yang membuat event kembang api di saat ada prosesi keagamaan sehingga dinilai mengganggu aktivitas keagaan tersebut, Suiasa menyatakan, pemerintah daerah sudah melakukan pendekatan-pendekatan. Pendekatan ini tak hanya kepada investor tetapi juga kepada masyarakat. “Bahwa semua pihak harus membangun komunikasi dengan baik. Komunikasi dan Koordinasi itu tak bisa dilakukan suatu ketika saja tetapi harus secara kontinyu,” ungkapnya.

Selanjutnya dia pun memberikan warning kepada seluruh pihak yang berinvestasi di Badung bersama-sama menjaga dan merawat adat budaya apalagi yang bersangkutan dengan prosesi agama. Kegiatan-kegiatan yang sifatnya eksklusif dan beramai-ramai jangan sampai menghalangi kegiatan adat dan agama. Ada teknik untuk mengakselerasi yakni jangan melakukan sesuatu secara egoistik sepihak. Segala sesuatunya harus dilihat dari kebermanfaatan bersama. (Pbm2)


TAGS :

Komentar