Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wawali Arya Wibawa Buka

Pukul kulkul, Wakil Walikota, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama seluruh undangan membuka

Denpasar, PorosBali.com- "Masikian" Festival kembali digelar Pasikian Yowana MDA Kota Denpasar. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung, Sabtu (3/8) dibuka secara resmi  Wakil Walikota, I Kadek Agus Arya Wibawa ditandai dengan pemukulan kulkul.

Gelaran "Masikian" Festival dalam rangka melestarikan budaya Bali yang dikolaborasikan dengan gaya kekinian oleh anak-anak muda yang tergabung dalam Pasikian Yowana Kota Denpasar.

Acara ini yang digelar selama dua hari, dari Sabtu 3-4 Agustus 2024, diisi dengan pertunjukan tari, musik band lokal, hingga lomba Baleganjur dan lomba Gebogan.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Kebudayaan Denpasar, Raka Purwantara, Manggala Pasikian Yowana Kota Denpasar, Anak Agung Made Angga Harta Yana, dna undangan lainnya.

"Melalui Masikian Fest dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama generasi muda, akan pentingnya menjaga warisan budaya dan tradisi.

Melalui festival ini, kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama generasi muda, akan pentingnya menjaga warisan budaya dan tradisi," ujar Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa disela-sela membuka Masikian Fest 2024. 

Wawali Arya Wibawa juga mengharapkan, festival ini dapat menjadi ajang untuk memperkuat rasa kebersamaan dan kolaborasi antar warga, serta antara pemerintah, seniman, dan komunitas budaya. Di samping itu, festival ini juga diharapkan dapat menjadi sarana promosi bagi kota, menunjukkan kekayaan budaya dan kreativitas masyarakat kepada dunia luar. 

Baca Juga: Jadi Wadah Kesenian Hingga Fasilitasi UMKM, Sekda Alit Wiradana Buka Yang Fest 2024

"Dengan harapan-harapan tersebut, festival seni tradisi kekinian dapat menjadi momentum penting untuk mengangkat nilai-nilai budaya lokal dan membawa dampak positif bagi masyarakat dan kota secara keseluruhan," ujar Arya Wibawa.

Sementara itu, Ketua Panitia "Masikian" Fest, Pasek Wiguna menyampaikan, pelaksanaan "Masikian" Fest menggelar dua perlombaan selama dua hari. Yakni Lomba Baleganjur Ngarap dengan kepesertaan seluruh Bali. Dan Lomba Gebogan kreasi yang diikuti ibu-ibu PKK dari masing-masing kecamatan di Kota Denpasar. 

"14 peserta dari seluruh Bali akan mengikuti Lomba Baleganjur Ngarap, dan 16 peserta dari Ibu-Ibu PKK di tingkat kecamatan terlibat dalam lomba Gebogan inovasi," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, tujuan acara  "Masikian" Fest, tradisi indonesia, bersatu bersama, melestarikan budaya seni tradisi dna kesenian. Kami berharap gelaran perlombaan dapat menunjang kreativitas dalam seni Baleganjur Ngarap, dan kreativitas PKK Denpasar dalam lomba Gebogan kreasi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar atas dukungan pelaksanaan "Masikian" Fest, dan juga ucapan terima kasih kepada pihak sponsor hingga terlaksananya kegiatan ini," ujarnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar