Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pererat Hubungan Individu dan Lembaga, BI Bali Gelar Silaturahmi Idul Fitri 1443 Hijriah

Wagub Cok. Ace dan Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho menghadiri silatutrahmi Idul Fitri 1443 Hijriyah, Kamis (17/5/2022).

Denpasar, PorosBali.com- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menyelenggarakan Halal Bihalal Idul Fitri 2022 dengan stakeholders. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (17/5/2022) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Denpasar. Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur Bali, Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, pimpinan instansi/lembaga negara, pimpinan kabupaten/kota, pimpinan perbankan, akademisi, serta perwakilan asosiasi dan media.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi untuk mempererat hubungan persaudaraan baik secara individu maupun lembaga. Trisno juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan tugas Bank Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Bali.

Trisno menjelaskan, secara singkat perkembangan ekonomi global, Indonesia, hingga spesifik terkait Provinsi Bali. Trisno menjelaskan, pemulihan ekonomi global diperkirakan terus berlanjut meski Iebih rendah dari proyeksi sebelumnya. “Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan 1-2022 tetap kuat, yakni 5,01 % (yoy), tidak jauh berbeda dengan capaian triwulan sebelumnya 5,02% (yoy). Kinerja ini didorong oleh perbaikan di Industri Pengolahan, Perdagangan dan Transportasi,” ujar Trisno.

Sementara itu, perekonomian Bali pada triwulan 1-2022 tumbuh sebesar 1 persen (yoy), lebih baik dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yaitu sebesar 0,51 % (yoy). Terdapat 12 lapangan usaha yang telah menunjukkan pertumbuhan positif dengan industri pengolahan mengalami pertumbuhan tertinggi sejalan dengan kondisi nasional.

Sebaliknya, masih terdapat 5 lapangan usaha yang masih terkontraksi. Lapangan usaha terkait pariwisata terus menunjukkan tren perbaikan yang tercermin dari jumlah kunjungan wisatawan ke Bali pasca pelonggaran kebijakan pelaku perjalanan luar negeri dan dalam negeri, penambahan direct flight dan rute penerbangan, dan pemberlakuan Visa on Arrival (VoA) bagi wisatawan mancanegara.

“Rata-rata harian jumlah wisnus dan wisman pada tanggal 1 hingga 1 5 Mei 2022 masing-masing naik sebesar 149% dan 148% dibandingkan periode yang sama di bulan April 2022. Kedatangan wisatawan mancanegara sudah mencapai 4 ribu orang per hari, sedangkan untuk wisatawan domestik saat ini mencapai 13 ribu orang,” imbuh Trisno.

Bank Indonesia memproyeksikan ekonomi Bali tahun 2022 tumbuh pada rentang 5,4% hingga 6,2% (yoy) sejalan dengan pemulihan kunjungan wisman dan wisnus di tengah pemulihan pariwisata dan kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Untuk itu, perlu memfokuskan target peningkatan wisman pada negara-negara yang menjadi kantong wisman serta didukung oleh VoA terhadap 60 negara.

Selain itu, pemerintah juga terus bekerja sama dengan pihak hotel, travel agent, dan maskapai untuk penjualan promo yang dapat menarik minat datang ke Bali.

Terkait inflasi, Bali tercatat mengalami inflasi sebesar 1 (mtm) pada bulan April 2022, yang didominasi dari kelompok administered prices dan volatile foods. Dilihat dari andilnya, komoditas utama penyumbang inflasi selama tahun 2022 (periode Januari —April) adalah minyak goreng, bawang merah, dan bensin. Trisno juga menambahkan bahwa perkembangan perekonomian Bali tidak terlepas dari kinerja perkembangan digitalisasi sistem pembayaran digital termasuk QRIS.

“Pada triwulan 1 2022, Provinsi Bali mencatat pertambahan 34,6% dari target user baru QRIS Bali tahun 2022, atau sebesar 255 ribu,” ujar Trisno.

Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si. menyampaikan, kegiatan silaturahmi ini sejalan dengan misi pembangunan Provinsi Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang memiliki makna menjaga alam Bali beserta isinya yang terdiri atas 6 unsur, yaitu Jana Kerti, Jagat Kerti, Samudra Kerti, Wana Kerti, Danu Kerti, dan Atma Kerti. (Pbm1)


TAGS :

Komentar