Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

32 Tahun Mengabdi, LPD Ambengan Buktikan Mampu Jadi Penggerak Ekonomi Masyarakat

Ketua BKS LPD Provinsi Bali, I Nyoman Cendikiawan (Kiri) saat HUT ke-32 LPD Ambengan

Buleleng, PorosBali.com- Memasuki usia 32 tahun, LPD Ambengan telah membuktikan diri dalam penguatan perekonomian masyarakat. Sehingga, pengalaman LPD Ambengan dalam mengelola keuangan tidak diragukan lagi.

Hal ini disampaikan Ketua Badan Kerjasama Lembaga Perkreditan Desa, BKS LPD Provinsi Bali, I Nyoman Cendikiawan dalam sambutannya serangkaian Hut Ke-32 LPD Desa Ambengan Kecamatan Sukasada Buleleng, Rabu (12/5/2021).

Dihadapan Camat Sukasada, Perbekel Ambengan, Kepala LPD Desa Adat Ambengan Made Nyiri Yasa dan Pengurus LPD Ambengan dan masyarakat, Nyoman Cendikiawan mengatakan usia ke-32 LPD Ambengan telah berhasil meraih berbagai prestasi. Arti HUT ke-32 yakni tiga ditambah dua menghasilkan lima.

Menurut Cendikiawan, banyak makna arti lima ini seperti LPD Ambengan sudah melakukan Panca Yadnya, yakni Dewa Yadnya, Pitra Yadnya, Rsi Yadnya, Manusia Yadnya dan Buta Yadnya. Juga ada Panca W yakni Wareg, Waras, Wastra, Wisma dan Wasita.

“Wareg harus pertama dulu, bagaimana penguatan LPD harus dikuatkan dulu ekonomi, mustahil bisa bekerja jika tidak ‘wareg’ dahulu,” terang Cendikiawan.

Jika desa ini diibaratkan sebagai telur, kuning telur itu kita anggap sebagai agama yang kita anut yakni Agama Hindu, putih telur adat dan budaya dan kulitnya adalah Desa Adat.

“Bagaimana kita mengikat semuanya menjadi satu, caranya adalah Desa Adat kita kuatkan dahulu. Desa adat kuat jika ditopang oleh ekonomi yang kuat, maka ekonomi yang ada didesa adat itu adalah LPD,” tegas Cendikiawan langsung mendapat aplause dari masyarakat Ambengan yang hadir.

Mengakhiri sambutannya, Cendikiawan mengajak seluruh elemen bersama sama membangun desa adat utamanya LPD untuk maju bersama dimasa pandemi.

“Dengan kejujuran, keyakinan dan koordinasi tityang yakin LPD ini akan menjadi tumpuan, soko guru daripada desa adat itu sendiri,” pungkas Cendikiawan yang dikenal suka berfilosofi ini.

Cendikiawan menambahkan secara umum pengabdian LPD di Bali sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam menggerakkan perekonomian. Bahkan pihaknya berkomitmen agar LPD tetap dan semakin mendapat kepercayaan masyarakat untuk turut serta memulihkan perekonomian akibat dampak pandemi covid-19 bersama lembaga keuangan daerah yang ada di Bali.(Pbm2)


TAGS :

Komentar