Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Update Covid-19 di Kota Denpasar, Kasus Sembuh Bertambah 29 Orang dan Kasus Positif 45 Orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai

Denpasar, PorosBali.com- Kasus sembuh dan kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar cenderung menunjukan tren yang berfluktuatif  Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Denpasar kembali mencatat adanya kasus positif dan kasus sembuh Covid-19. Pada Selasa (22/12) kasus sembuh Covid-19 di Kota Denpasar bertambah sebanyak 29 orang dan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah sebanyak 45 orang yang tersebar di 20 wilayah desa/kelurahan. 

Berdasarkan Data GTPP Covid-19 Kota Denpasar, terjadi lonajakan kasus di lima wilayah desa/kelurahan. Yakni Kelurahan Sesetan yang mencatatkan penambahan kasus tertinggi dengan 9 kasus baru. Disusul Desa Kesiman Kertalangu dan Desa Dangin Puri Kangin yang mencatatkan penambahan sebanyak 4 orang. Kelurahan Panjer dan Desa Sunerta Kaja turut mencatatkan penambahan kasus sebanyak 3 orang.

Selain itu, sebanyak 7 desa/kelurahan mencatatkan penambahan kasus sebanyak 2 orang dan sebanyak 8 desa/kelurahan mencatatkan penambahan kasus sebanyak 1 orang.  Sedangkan 23 desa/kelurahan lainya nihil penambahan kasus. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 Kota Denpasar pada Selasa (22/12) menjelaskan bahwa kasus Covid-19 di Kota Denpasar masih terus mengalami pergerakan. Sehingga GTPP tetap memberikan perhatian serius bagi wilayah yang kasusnya yang cukup tinggi. 

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya  terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Sehingga bagi desa/kelurahan yang mengalami lonjakan kasus akan mendapat perhatian serius GTPP Covid-19 Kota Denpasar lewat pendampingan yang dikoordinir oleh Camat. Hal ini dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil callling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu.

“Mari bersama sama lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua klaster yakni klaster keluarga dan perjalanan dalam daerah masih  mendominasi, hal ini mengingat arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi," ujar Dewa Rai. 

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa GTPP mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif tercatat 4.443 kasus,  angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 4.134 orang  (93,05 persen), meninggal dunia sebanyak 98 orang (2,20 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak  211 orang (4,75 persen).

Melihat perkembangan kasus ini Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan covid 19 tidak semakin meluas.  "Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan)," kata Dewa Rai. 


Kasus Positif : 
1. Kelurahan Sesetan tujuh orang perempuan usia 57, 36, 48, 52, 55, 55 dan 11 tahun serta dua orang laki-laki usia 58 dan 25 tahun 
2. Desa Kesiman Kertalangu empat orang perempuan usia 24, 57, 28 dan 33 tahun 
3. Desa Sumerta Kaja seorang laki-laki usia 10 tahun serta dua orang perempuan usia 36 dan 47 tahun
4. Desa Dangin Puri Kangin dua orang laki-laki usia 17 dan 24 tahun serta dua orang perempuan usia 37 dan 59 tahun 
5. Kelurahan Padangsambian seorang perempuan usia 50 tahun 
6. Kelurahan Dangin Puri seorang perempuan usia 51 tahun 
7. Desa Kesiman Petilan seorang perempuan usia 19 tahun 
8. Desa Pemecutan Kelod seorang laki-laki usia 27 tahun 
9. Desa Pemogan seorang laki-laki usia 35 tahun 
10. Kelurahan Tonja seorang perempuan usia 41 tahun 
11. Kelurahan Pemecutan dua orang laki-laki usia 55 dan 27 tahun 
12. Kelurahan Sumerta seorang laki-laki usia 62 tahun serta seorang perempuan usia 59 tahun 
13. Desa Peguyangan Kaja seorang laki-laki usia 56 tahun dan seorang perempuan usia 52 tahun 
14. Kelurahan Panjer dua orang laki-laki usia 25 dan 45 tahun serta seorang perempuan usia 55 tahun 
15. Kelurahan Penatih seorang laki-laki usia 63 tahun
16. Kelurahan Renon seorang laki-laki usia 54 tahun dan seorang perempuan usia 35 tahun 
17. Desa Dauh Puri Kauh dua orang perempuan usia 55 dan 2 tahun 
18. Deaq Ubung Kaja seorang perempuan usia 28 tahun 
19. Desa Sanur Kaja seorang laki-laki usia 34 tahun dan seorang perempuan usia 34 tahun 
20. Desa Padangsambian Kaja seorang laki-laki usia 55 tahun dan seorang perempuan usia 53 tahun 

Kasus Sembuh : 29 orang.

(Pbm2)


TAGS :

Komentar