Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tiga Siswa SMPN 12 Denpasar Ikuti Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional

Tiga Siswa SMPN 12 Denpasar yang akan mengikuti Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional di Jakarta beraudiensi dengan Pjs. Walikota Denpasar I Dewa Gede Mahendra Putra, Senin (28/10). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Tiga orang siswa SMPN 12 Denpasar akan mewakili Provinsi Bali dalam Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Museum Nasional Indonesia dari tanggal 1 hingga 7 November mendatang di Jakarta. Demikian terungkap saat siswa SMPN 12 Denpasar saat beraudiensi bersama Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Denpasar, I Dewa Gede Mahendra Putra di Kantor Walikota Denpasar, Senin (28/10).

Tiga siswa SMPN 12 Denpasar ini yakni Ni Made Chanda Gita Dinata (Kelas IX), Ni Putu Devika Laura Wiguna (Kelas IX) dan Nyoman Dinda Sukmaningrum (Kelas IX).

Pjs. Walikota Denpasar I Dewa Gede Mahendra Putra dalam kesempatan tersebut memberi dukungan penuh atas keikutsertaan tiga orang siswa SMPN 12 Denpasar mewakili Provinsi Bali mengikuti Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional di Jakarta. Tentunya capaian ini secara otomatis mengharumkan nama Kota Denpasar di ajang nasional.

“Ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan karena anak muda Kota Denpasar mengikuti lomba tingkat nasional. Semoga ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi mereka,” ujarnya.

Dewa Mahenda mengatakan, materi terkait tentang museum dapat membuka wawasan anak-anak kita ini terkait potensi museum yang bisa dikembangkan di Bali. Karena jati diri budaya bisa dilihat dari peninggalan yang kita simpan di museum.

Baca Juga: Sekda Alit Wiradana Pimpin Apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96

“Lihat bagaimana di luar negeri museum dikemas begitu modern dan menarik. Juga semoga anak-anak kita dapat berkompetisi dengan baik dan meraih hasil yang maksimal di Jakarta nanti,” ungkap Dewa Gede Mahendra.

Salah satu guru pembina, Ida Ayu Komang Witariani menjelaskan, keikutsertaan SMPN 12 Denpasar mewakili Provinsi Bali pada Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Museum Nasional Indonesia di Jakarta dari tanggal 1 hingga 7 November 2024. Lawan yang dihadapi merupakan perwakilan dari 38 provinsi se-Indonesia memperebutkan Juara 1, 2 dan 3 serta Harapan 1, 2 dan 3.

Dikatakannya, pada hari pertama anak-anak akan mengikuti acara perkenalan di Museum Nasional Indonesia. Kemudian tanggal 2 hingga 3 November dilaksanakan babak penyisihan dilanjutkan tanggal 4 hingga 5 babak final dan acara puncak. Menariknya di acara puncak ini anak-anak kami akan tampil menari tari Sekar Jagat. “Terkait materi yang dilombakan terkait Museum Nasional, Sejarah dan UU Permuseuman. Semoga anak-anak kami nanti dapat meraih hasil maksimal,” jelasnya.

Salah satu siswa peserta lomba, Ni Made Chanda mengaku senang dan bangga dapat mewakili sekolah mengikuti lomba di tingkat nasional. “Persiapan kami sejauh ini sejak juara di tingkat Provinsi Bali telah berjalan selama tiga bulan diisi latihan materi dan persiapan intensif lainnya. Kami juga latihan menari karena akan menampilkan pentas budaya Tari Sekar Jagat. Kami memohon dukungan agar dapat meraih hasil maksimal,” ucapnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar