Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Plt. Bupati Ketut Suiasa Hadiri HUT Ke-50 ST Eka Cita, Banjar Undagi, Desa Mambal

Plt. Bupati Badung I Ketut Suiasa saat menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun Ke-50 Sekaa Teruna Eka Cita Banjar Undagi, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Badung, Minggu (27/10). (foto/hms)

Badung, PorosBali.com- Plt. Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun Ke-50 Sekeha Teruna (ST) Eka Cita Banjar Undagi, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Badung, Minggu (27/10). Perayaan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Plt. Bupati Suiasa dan dihadiri anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan, perwakilan Dinas Kebudayaan Badung, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa serta unsur Tripika Kecamatan Abiansemal, Perbekel Desa Mambal I Nyoman Sugiarta, Bendesa Adat Mambal I Made Cana, Ketua Yowana Kecamatan Abiansemal I Made Darmawan, tokoh masyarakat beserta undangan lainnya.

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan Pemkab Badung, Plt. Bupati Ketut Suiasa menyerahkan bantuan dana kreativitas Rp 10 juta dan bantuan pribadi Rp 4 juta.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Bupati Ketut Suiasa mengajak masyarakat semua untuk bersyukur kepada Tuhan/Ida Sang Hyang Widhi Wasa, semoga diberikan kesejahteraan kepada krama Banjar Undagi dan ST Eka Cita Desa Mambal yang saat ini melaksanakan perayaan HUT. Dijelaskan, ST/generasi muda merupakan calon-calon pemimpin di Kabupaten Badung ke depan, dikarenakan telah belajar dengan baik dan berperan aktif dalam berorganisasi di lingkungan masyarakat seperti di lingkungan ST. “Dalam organisasi inilah tempat kita belajar dasar pemikiran yang baik, dan bisa kita gunakan untuk bekal di masa depan,” ujarnya.

Baca Juga: Peringatan Sumpah Pemuda Ke-96 di Badung, “Maju Bersama Indonesia Raya”

Lebih lanjut Suiasa menegaskan, betapa pentingnya untuk belajar dan terus belajar, tidak hanya di sekolah karena belajar itu ada tiga tempat yaitu belajar di sekolah yang gurunya adalah Guru Pengajian, di rumah gurunya adalah Guru Rupaka atau orang tua dan di masyarakat yang gurunya adalah Guru Wisesa. “Saya berharap kepada ST Eka Cita, Banjar Undagi Mambal, guna membentuk menjadi manusia yang sukses dan berguna, maka harus bisa menjadi jatma sarjana yaitu banyak pengalaman dan pengetahuan, jatma sujana yaitu berjiwa bijaksana dan jatma kriya yaitu berjiwa terampil. Ketika ketiga itu bisa diwujudkan maka menjadikan ST yang paripurna,” harapnya.

Ketua Panitia I Made Dodi Setiawan Aryadinatha menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran Plt. Bupati Badung bersama undangan lainnya saat ST Eka Cita melaksanakan hari jadi yang ke-50 tahun. Perayaan kali ini mengambil tema “Raksa Bhinaya” berasal dari gabungan bahasa Sansekerta yang berarti “Menggali Potensi Para Yowana Untuk Melindungi, Menjaga, Menyayangi, Memelihara serta mempunyai Semangat dan Ekspresif untuk terus Bergerak dan Berdedikasi”.

Disampaikan, tujuan dalam perjalanan melaksanakan kegiatan ST Eka Cita ini salah satunya bertujuan untuk menyukseskan program prioritas dari Bupati Badung yaitu memantapkan kreativitas seni dan budaya masyarakat yang berorientasi pada pelestarian kearifan lokal. “Dalam pelaksanaan HUT ini kami ST menghabiskan dana Rp 30.200.000 yang berasal dari kas ST serta bantuan dari anggota DPRD Badung Made Ponda Wirawan,” ungkapnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar