Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Status Laporan terhadap Ketua KPU Jembrana, Bawaslu Bali Nyatakan Terbukti Terjadi Pelanggaran

Bawaslu Provinsi Bali menyatakan atau merekomendasikan telah terbukti terjadi Pelanggaran Administrasi Pemilihan terkait kegiatan

Denpasar, PorosBali.com- Bawaslu Provinsi Bali telah menyelesaikan pemeriksaan terkait Laporan yang diajukan oleh Pelapor: I Putu Dwita, S.Pt. dalam kapasitasnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang mana juga sekaligus sebagai Sekretaris Tim Pemenangan Koster - Giri, Kembang - Ipat Kabupaten Jembrana sebagaimana tertuang dalam Laporan Nomor: 001/Reg/LP/PG/Prov/17.00/X/2024, tanggal 18 Oktober 2024.

Adapun yang berkedudukan sebagai  Terlapor adalah Ketua KPU Kabupaten Jembrana, atas nama I Ketut Adi Sanjaya, dan mengenai substansi peristiwa yg dilaporkan adalah terkait tindakan pembiaran oleh KPU Kabupaten Jembrana yang menyebabkan terjadinya dugaan pelanggaran Kampanye Pilkada dalam kegiatan "Jalan Sehat Bahagia" pada hari Minggu, tgl 13 Oktober 2024.

Baca juga: Dilaporkan ke Bawaslu, Ketua KPU Jembrana Terbukti Lakukan Pelanggaran Administrasi

Melalui serangkaian proses pemeriksaan yang sangat ketat dan komprehensif yaitu dari awal penerimaan laporan pada hari Jumat, tanggal 18 Oktober 2024 sampai dengan pemeriksaan terhadap Pelapor, Terlapor, Bawaslu Kab. Jembrana, bukti-bukti maupun saksi-saksi, ternyata dari hasil pemeriksaan Laporan tersebut pihak Bawaslu Provinsi Bali menyatakan atau merekomendasikan telah terbukti terjadi Pelanggaran Administrasi Pemilihan. Dalam amar Rekomendasinya, Bawaslu Provinsi Bali pada pokoknya menyatakan dengan tegas bahwa "Merekomendasikan Pelanggaran Administrasi Pemilihan".

Hasil pemeriksaan Bawaslu Provinsi Bali yang telah merekomendasikan terbukti terjadi pelanggaran administrasi tersebut membuktikan bahwa langkah hukum pelaporan yang telah dilakukan Pelapor memang sangat beralasan dan berdasarkan hukum, sekaligus menepis keraguan serta kesan pesimis sejumlah pihak atas substansi laporan yang diajukan tersebut.

Baca juga: Kolaborasi Koster-Giri dan Joss 24 Jamin Hidup dan Mati Krama Buleleng

Dengan adanya hasil pemeriksaan ini, pihak Pelapor beserta Tim Hukum Koster - Giri, Kembang - Ipat Kabupaten Jembrana yang turut mengawal proses hukum tersebut mengharapkan agar seluruh penyelenggara Pilkada khususnya di Bali dapat melakukan tugasnya dengan lebih fokus, berhati-hati dan mentaati ketentuan hukum yang mengatur pelaksanaan Pilkada, serta wajib melaksanakan prinsip integritas serta profesional Penyelenggara Pemilihan secara sungguh-sungguh dan konsekuen, sehingga pelaksanaan tahapan Pilkada termasuk pada masa kampanye ini berjalan dengan tertib. (Pbm1)


TAGS :

Komentar