Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Puncak Karya Padudusan Agung lan Ngenteg Linggih di Pura Agung Jagatnatha Denpasar

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana memimpin rapat persiapan Karya Padudusan Agung lan Ngenteg Linggih di Pura Agung Jagatnatha, Senin (14/10). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Puncak Karya Padudusan Agung lan Ngenteg Linggih di Pura Agung Jagatnatha Kota Denpasar akan berlangsung bertepatan dengan Purnama Sasih Kalima pada Sabtu (16/11) mendatang. Hal tersebut terungkap saat rapat persiapan yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana di Ruang Rapat Kertaloka, Graha Sewaka Dharma (GSD), Denpasar pada Senin (14/10).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Denpasar I Made Toya, perwakilan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Denpasar seperti dari Bagian Kesra Setda Kota Denpasar, Dinas Kebudayaan Kota Denpasar serta perwakilan OPD Pemkot Denpasar lainnya. Selain itu juga hadir perwakilan pemerintah kecamatan se-Kota Denpasar, Ketua Forum TPLAH Kota Denpasar, Ketua Pasikian Pecalang Kota Denpasar dan undangan lainnya.

Sekda Ida Bagus Alit Wiradana menyebut rapat persiapan ini bertujuan memastikan segala persiapan Karya Padudusan Agung lan Ngenteg Linggih di Pura Agung Jagatnatha Kota Denpasar pada Nopember 2024 berjalan dengan baik. Hal ini utamanya dari segi perlengkapan upacara maupun upakara sehingga nantinya piodalan berjalan lancar.

Baca Juga: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Denpasar Beri Penghargaan Perangkat Daerah Tertib Arsip

“Rapat persiapan ini merupakan langkah untuk menyamakan persepsi dan menerangkan pembagian tugas kepada OPD dan pihak yang terlibat lainnya saat pelaksanaan karya nanti agar penyelenggaraan Karya Padudusan Agung Lan Ngenteg Linggih di Pura Agung Jagatnatha ini berjalan labda karya (lancar dan sukses). Saya harap semua yang terlibat dalam rapat ini sepakat untuk bersama-sama mempersiapkan acara dengan terus melakukan koordinasi dan bersinergi antar-OPD dan panitia lainnya,” ujar Sekda Alit Wiradana.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Surya Antara menerangkan, rangkaian Karya Padudusan Agung lan Ngenteg Linggih di Pura Agung Jagatnatha dimulai pada 26 Maret 2024 dengan kegiatan maturan penenten nunas pamuput tawar. Kemudian dilaksanakan Mecaru Panca Kelud pada Jumat, 1 November 2024. Dilanjutkan Melasti pada Kamis, 14 November 2024, dilanjutkan Mepepada Karya pada Kamais, 14 November 2024. Puncak Karya Pedudusan Agung lan Ngenteg Linggih dilaksankan pada Sabtu, 16 November 2024 dan Bakti Penganyar pada Minggu, 17 November 2024.

“Selain rangkaian acara inti, Karya Padudusan Agung lan Ngenteg Linggih di Pura Agung Jagatnatha ini juga diisi lomba membuat penjor dan lomba ngelawar. Semoga kerja sama yang baik antara seluruh panitia menjadikan Karya Agung di Pura Jagatnatha berjalan lancar dan labda karya dan apa yang kita harapkan dari pelaksanaan upacara ini dapat memberi kebaikan bagi kita semua,” ujarnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar