Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Cegah Stunting, Pemkot Denpasar Kembali Bagikan PMT Bagi Ratusan Balita Di Denut dan Denbar

Upaya penurunan dan pencegahan stunting ditempuh Pemerintah Kota Denpasar bersama TP PKK Kota Denpasar melalui kegiatan Menyapa dan Berbagi di dua kecamatan, yakni Denpasar Utara dan Denpasar Barat, Kamis (12/9). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Upaya penurunan dan pencegahan stunting ditempuh Pemerintah Kota Denpasar bersama TP PKK Kota Denpasar melalui kegiatan Menyapa dan Berbagi di dua kecamatan, yakni Denpasar Utara dan Denpasar Barat, Kamis (12/9). 

Setidaknya, 254 paket PMT yang terdiri dari susu, telur, ayam segar, dan  biskuit diserahkan kepada para balita. Tak hanya itu, dalam setiap paket, para balita penerima juga mendapat pasta gigi guna mendukung program kesehatan gigi yang sedang digencarkan saat ini. 

Ratusan paket PMT tersebut, diserahkan langsung secara simbolis oleh Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengemukakan, pembagian PMT ini adalah program yang dilakukan untuk  mencegah dan menanggulangi angka stunting di Kota Denpasar. Sebagai mitra pemerintah, TP PKK Kota Denpasar selalu berkoordinasi untuk dapat bersama mengentaskan persoalan tersebut. 

"Berbagai program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan TP PKK Kota Denpasar, merupakan upaya kami dalam menurunkan stunting. Adapun upaya tersebut antara lain, edukasi penanaman bibit sayuran dan buah-buahan yang ditanam di halaman rumah, dan juga program pembagian PMT bagi lansia, ibu hamil, dan balita yang membutuhkan," katanya. 

Baca Juga: Jelang Galungan dan Kuningan, Pemkot Denpasar Gelar HLM Jaga Stabilitas Inflasi

Lebih jauh, Ny. Antari Jaya Negara juga mengatakan, menempuh langkah untuk menurunkan angka stunting, juga adalah salah satu strategi dalam meningkatkan kualitas generasi penerus.

"Pencegahan stunting melibatkan asupan gizi yang cukup, perawatan kesehatan yang baik, praktik sanitasi yang bersih, dan pemantauan pertumbuhan anak secara rutin. Edukasi orang tua juga penting untuk mendukung perkembangan anak,” imbuhnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas PMD, Agus Tresna Yasa, mengemukakan Pemerintah Kota Denpasar memiliki keseriusan dalam upaya menekan angka stunting. Salah satu langkah yang ditempuh adalah melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sejak dini.

“Peningkatan kualitas SDM di Kota Denpasar merupakan salah satu poin dalam visi misi Pemerintah Kota Denpasar. Sasaran utamanya adalah ibu hamil serta balita. Berbagai intervensi kami upayakan, salah satunya melalui sinergitas dengan TP PKK Kota Denpasar, dengan menyelenggarakan kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat seperti ini,” ujarnya.

Salah seorang lansia penerima PMT, Wayan Sutiono, menyampaikan ucapan terima kasih kepada TP PKK Denpasar yang telah memberikan bantuan ini. “Kami berterima kasih atas bentuk perhatian Pemerintah Kota Denpasar kepada anak-anak kami. Tentu bantuan PMT ini akan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari,” katanya (Pbm2)


TAGS :

Komentar