Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tim PPK Ormawa BEM FEB Unud Gelar Pelatihan Prasiwara Vol. 1 di Desa Nyuhtebel

Pelatihan Prasiwara (Prasa) Vol. 1 di Kantor Perbekel Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Minggu (4/8/2024). (foto/Unud)

Karangasem, PorosBali.com- Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (BEM FEB Unud) melaksanakan Pelatihan Prasiwara (Prasa) Vol. 1 di Kantor Perbekel Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Minggu (4/8/2024).

Pelatihan ini merupakan bagian dari bentuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Tim PPK Ormawa, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Desa Nyuhtebel dalam memproduksi karya seni prasi. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat Desa Nyuhtebel yang berprofesi sebagai pengrajin prasi.

Karya Seni Prasi di Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem (foto/Unud)

 

 

I Made Denny Wahyu Aditya selaku Tim Monitoring dan Evaluasi PPK Ormawa BEM FEB Unud mengatakan rangkaian awal pelatihan ini dimulai dari Pelatihan Prasiwara (Prasa) Vol. 1 mengenai teknik pembuatan seni lukis prasi. Dikatakan, Prasa Vol. 1 mewadahi potensi yang dimiliki masyarakat Desa Nyuhtebel dalam pelatihan membuat seni prasi, yang mana di kegiatan ini sangat memberikan dampak secara langsung terhadap peningkatan kemampuan masyarakat Desa Nyuhtebel. 

"Masyarakat desa kita ajak untuk membuat karya seni lontar, mulai dari membuat sketsa di lontar hingga finishing dengan mengoleskan kemiri ke lontar untuk menimbulkan warna," jelasnya.

Baca Juga: FEB Unud Gelar Joint Asian Conference on Business and Economics Studies (JACBES) 2024

Pada acara ini, tim pelaksana PPK Ormawa melakukan monitoring terhadap proses pembuatan prasi yang dilakukan oleh masyarakat desa. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat desa dalam mengolah lontar menjadi karya seni prasi yang menarik.  Hal tersebut dapat dilihat dari hasil prasi yang dibuat oleh masyarakat dengan berbagai kreativitas tanpa batas.

Pelatihan ini mendapat sambutan antusias yang didominasi generasi muda Desa Nyuhntebel. Menurut Denny, ini menunjukkan rasa mau belajar yang tinggi. 

“Sangat menggembirakan melihat antusiasme generasi muda yang begitu tinggi dalam kegiatan kali ini. Harapannya, semangat ini tidak hanya berhenti pada acara hari ini saja, inilah yang menjadi tugas penting bagi para tim pelaksana untuk terus mempromosikan karya prasi dari desa ini,” jelasnya. 

Para Peserta Pelatian Prasi Barsama Mahasiswa FB Unud. (foto/Unud)

 

 

Sementara Ni Ketut Suryawardhani Kusumastuti selaku Ketua Tim Pelaksana PPK Ormawa mengungkapkan pelaksanaan kegiatan yang telah terlaksana nantinya dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat desa untuk meningkatkan potensi keuntungan yang lebih baik. 

“Adanya kegiatan PPK Ormawa ini, saya harap dapat terus menghasilkan output yang maksimal serta tentunya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan desa guna mewujudkan Desa Nyuhtebel menjadi desa wirausaha,” ujarnya. (Pbm5)


TAGS :

Komentar