Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wawali Arya Wibawa Buka Pawai Kebudayaan Begawan Karnaval Ke-5 Tahun 2024

Wakil Walikota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa pada Minggu (25/8) siang membuka Pawai Kebudayaan Begawan Karnaval Ke-5 Tahun 2024. (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa membuka Pawai Kebudayaan Begawan Karnaval ke-5 Tahun 2024 yang mengambil start di depan Banjar Begawan, Jalan Pulau Enggano, Pedungan, Denpasar Selatan, pada Minggu (25/8) siang. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjaga semangat perdatuan dan kesatuan masyarakat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali yang juga Bendesa Adat Pedungan I Gusti Putu Budiarta, Plt. Camat Denpasar Selatan Ni Ketut Sri Karyawati, tokoh masyarakat Ni Wayan Sari Galung serta undangan lainnya.

Adapun pawai kebudayaan ini mengambil start di depan Banjar Begawan menuju Pemogan, Banjar Pitik, Banjar Geladag lanjut Simpang Enam Jalan Pulau Kawe menuju Teuku Umar lanjut Jalan Pulau Batanta dan berakhir kembali di depan Banjar Begawan.

Wawali Kadek Agus Arya Wibawa menyambut baik pelaksanaan Pawai Kebudayaan Begawan Karnaval ke-5 Tahun 2024 yang diprakarsai oleh masyarakat di Banjar Begawan, Desa Pedungan dengan berbagai komunitas masyarakat. Kegiatan ini diharapkan mampu menambah semarak peringatan HUT ke-79 RI serta menjaga adat, seni dan budaya warisan leluhur.

“Di bulan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini menjadi momentum menjaga persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat, terutama di wilayah Desa Pedungan yang yang berasal dari berbagai macam latar belakang suku ras dan agama,” tegas Arya Wibawa.

Baca Juga: Walikota Jaya Negara Buka Lomba Mancing Air Deras ST Dharma Puspita Banjar Dangin Tangluk, Kesiman

Ketua Panitia Acara Made Suka Arca saat ditemui menjelaskan, Pawai Kebudayaan Begawan Karnaval ke-5 Tahun 2024 ini dilaksanakan guna memeriahkan semangat HUT ke-79 Kemerdekaan RI dan juga mempererat rasa persatuan dan kesatuan di masyarakat. “Peserta pawai kebudayaan ini tidak hanya berasal dari lingkungan Banjar Begawan, melainkan juga ada beberapa yang berasal dari wilayah Pemogan dan Denpasar Barat,” ujarnya.

Dikatakannya, ratusan peserta yang mengikuti pawai kebudayaan ini bernaung di dalam 14 kelompok kesenian. Tidak hanya kesenian Bali, terdapat pula kesenian komunitas warga pendatang terutama dari Jawa Timur. Seperti Reog Ponorogo, Jaranan dan Tari Gandrung. Tampak pula penampilan seniman muda Bali yang membawakan berbagai jenis garapan baleganjur dan Barong Bangkung anak-anak dari Banjar Begawan. Selain itu, peserta juga berasal dari SD di wilayah Desa Pedungan dan berbagai komunitas dengan menggunakan berbagai kostum khususnya kostum adat daerah.

Salah satu peserta pawai, Syaiful Alim bersama Sanggar Reog Ponorogo, Sardulo Mbalelo mengaku sangat senang dapat terlibat dalam Pawai Kebudayaan Begawan Karnaval ke-5 Tahun 2024. “Tentu melalui kesenian yang kami bawakan dapat berkolaborasi dengan seniman di Bali untuk menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat di Kota Denpasar,” ungkapnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar