Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kader Posyandu Diminta Ikut Edukasi Masyarakat Jaga Kesehatan Gigi

Ny. Antari Jaya Negara Dampingi Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Ida Mahendra “Berkunjung dan Berbagi” di Desa Tegal Harum, Rabu (21/8/2024). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Segala aspek kesehatan pada balita, baik yang berkaitan dengan tumbuh kembang, kecerdasan, hingga kesehatan fisik termasuk gigi, harus selalu dimonitoring dengan baik. Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. drg. Ida Mahendra yang didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, dalam kegiatan Berkunjung dan Berbagi TP PKK Provinsi Bali, di Banjar Buana Mertha, Desa Tegal Harum, Denpasar Barat, Rabu (21/8).

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua GOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa beserta beberapa perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Kota Denpasar, dan juga manajemen BPD Bali.

Dalam kunjungan tersebut, Pj. Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. drg. Ida Mahendra menyampaikan, pelaksanaan kegiatan Berkunjung dan Berbagi ini adalah wujud sinergi antara Pemerintah Provinsi Bali dan pemerintah kota dan kabupaten seluruh Bali. “Saya juga berpesan kepada para kader posyandu untuk selalu dapat ikut memonitoring dan memberikan penyuluhan para balita dan orang tua, terutama perihal kesehatan gigi bagi balita,” ungkap Ny. Ida Mahendra.

Lebih lanjut, Ida Mahendra juga mengemukakan apresiasi dan rasa bangga atas terselenggaranya Sekolah Lansia di Desa Tegal Harum. Dia menilai, sekolah non-formal ini adalah sebuah hal positif yang bisa membawa manfaat bagi para lansia di usia senja agar tetap kreatif, berdaya, dan sehat.

Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara dalam kesempatan yang sama mengemukakan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh jajaran TP PKK Provinsi Bali ke Desa Tegal Harum. Antari Jaya Negara menyebut, Desa Tegal Harum adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Denpasar Barat yang selama ini telah mencetak berbagai macam prestasi, bahkan hingga ke tingkat nasional.

Baca Juga: Sekda Alit Wiradana Hadiri Penyerahan TJSL Pengelolaan Sampah PT Pelindo Kepada Kelurahan Serangan

“Dapat kami sampaikan kepada Ibu Pj. Ketua TP PKK Provinsi Bali, Desa Tegal Harum adalah percontohan karena para kader posyandu di desa ini telah menjadi binaan kami dan Fakultas Kesehatan Gigi dan Mulut Universitas Mahasaraswati Denpasar, dalam upaya pengembangan program Deligi,” kata Ny. Antari Jaya Negara.

Selanjutnya, Ny. Antari Jaya Negara juga memaparkan, dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting di Kota Denpasar, beragam usaha dilakukan TP PKK Kota Denpasar berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Denpasar, yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan. Di antaranya, melalui penyerahan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita, penyelenggaraan posyandu paripurna, pelaksanaan dialog interaktif melalui media televisi dan radio, dan juga kegiatan deligi yang melibatkan berbagai stakeholder.

Kegiatan Berkunjung dan Berbagi di Kota Denpasar kali ini, sejumlah paket diserahkan, yakni 50 paket bantuan sembako kepada 50 balita penerima, yang masing-masing terdiri atas 10 kg beras, 1 krat telur, 6 kotak susu, serta paket sikat dan pasta gigi anak. Selain itu, diserahkan juga paket bantuan lainnya, seperti 50 krat telur oleh Kepala Perwakilan BKKBN Bali, 50 paket susu oleh PD IBI Bali, 50 paket berisi olahan ikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali.

Selain itu, ada juga 10 paket bantuan kebutuhan balita oleh Ketua TP PKK Kota Denpasar, 100 paket PMT matang oleh TP PKK Kota Denpasar, 100 paket kebutuhan sayur dan olahan ikan dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Denpasar. Kemudian, ada 50 paket bantuan oleh BPD Bali, serta penyerahan 500 butir telur dan 500 bibit tanaman cabai kepada Ketua TP PKK Kota Denpasar.

Kegiatan Berkunjung dan Berbagi ini juga dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan dan pelayanan KB gratis, serta pemeriksaan tumbuh kembang anak melalui kegiatan posyandu. (Pbm2)


TAGS :

Komentar