Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pemkot Denpasar Serahkan Alat Bantu BKB Kit Stunting di Beberapa Lokasi

Pemerintah Kota Denpasar, melalui Dinas P3AP2KB kembali menyerahkan bantuan seperangkat Bina Keluarga Balita (BKB) Kit Stunting, di Banjar Tegeh Sari, Tonja, Selasa (20/8). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Pemerintah Kota Denpasar, melalui Dinas P3AP2KB kembali menyerahkan bantuan seperangkat Bina Keluarga Balita (BKB) Kit Stunting, di Banjar Tegeh Sari, Tonja, Selasa (20/8). Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyelenggaraan Safari Kesehatan oleh Dinas Kesehatan dan Pasar Murah Disperindag di lokasi yang sama.

Hadir langsung untuk meninjau pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa. 

Selain Banjar Tegeh Sari, penyerahan BKB Kit Stunting juga dilakukan di beberapa lokasi lainnya. Antara lain, Banjar Paang Tengah, Penatih, kemudian dilanjutkan ke Banjar Tag Tag Kaja, Kelurahan Peguyangan, dan lokasi terakhir di Banjar Batur, Kelurahan Ubung. 

Saat ditemui, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mengatakan, penyelenggaraan kegiatan ini adalah salah satu wujud komitmen Pemerintah Kota Denpasar untuk memberikan intervensi dalam hal kesehatan, pemberdayaan, dan juga pencegahan stunting bagi masyarakat
Selain itu, hal ini juga merupakan bentuk sinergitas antar OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar dalam hal pelayanan kepada publik.

"Diharapkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Terutama dalam hal kesehatan, pencegahan stunting, edukasi bagi anak-anak, dan juga pemanfaatan pasar murah yang menyediakan komoditi bagi masyarakat," jelasnya. 

Baca Juga: Walikota Jaya Negara Hadiri Upacara Ngodakin Ida Bhatara di Pura Dalem Pejarakan Ulun Lencana

Sementara itu, Ketua TP. PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara disela-sela penyerahan bantuan menyampaikan, penyerahan bantuan BKB Kit Stunting ini bertujuan untuk mendukung kesehatan anak-anak dan memberikan edukasi kepada orang tua, serta masyarakat tentang pentingnya pemantauan tumbuh kembang anak.

"Dengan BKB Kit Stunting yang merupakan bantuan dari BKKBN  pusat diharapkan keluarga di Denpasar dapat lebih mudah mengakses informasi dan alat yang diperlukan untuk mencegah stunting, serta memahami pentingnya nutrisi yang baik dan pemantauan kesehatan anak sejak dini," ujarnya.

Lebih jauh, Ny. Antari Jaya Negara mengemukakan  BKB Kit Stunting diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan anak sejak dini untuk mencegah stunting, serta memberikan alat yang diperlukan untuk mendukung pengasuhan yang lebih baik.

Sementara Kepala Dinas P2AP3KB Kota Denpasar, IGA. Sri Wetrawati didampingi Kepala Bidang Dinas P2AP3KB Kota Denpasar, Ayu Wahyuni menjelaskan, BKB Kit Stunting adalah alat yang digunakan dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting pada anak-anak. Kit ini terdiri dari berbagai alat yang dirancang untuk mendukung penyuluhan dan edukasi kepada orang tua dan masyarakat tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan anak.

"Komponen dari BKB Kit Stunting meliputi, seperangkat alat yang dirancang untuk mengajarkan anak-anak tentang kesehatan, gizi, dan pertumbuhan melalui cara yang menyenangkan dan interaktif. Poster Pengukur Tinggi Badan, hingga buku panduan, dan materi lainnya yang dirancang untuk memberikan informasi yang mudah dipahami tentang pencegahan stunting," paparnya. 

Penyerahan BKB Kit Stunting ini memang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan penerapan pengasuhan yang optimal selama 1000 hari pertama kehidupan anak. Periode ini dianggap sangat krusial karena menentukan kualitas pertumbuhan dan perkembangan anak di masa mendatang. Di mana pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) mencakup periode sejak masa kehamilan hingga anak berusia dua tahun. (Pbm2)


TAGS :

Komentar