Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Festival Rare Angon

Festival Layang-layang Rare Angon 2024, bertajuk Denpasar Internasional Kite, resmi berakhir. Seremonial penutupan kegiatan bertaraf dunia tersebut, dilaksanakan di Gedung Dharma Negara Alaya, Senin (19/8) malam. (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Festival Layang-layang Rare Angon 2024, bertajuk Denpasar Internasional Kite, resmi berakhir. Seremonial penutupan kegiatan bertaraf dunia tersebut, dilaksanakan di Gedung Dharma Negara Alaya, Senin (19/8) malam. Hadir pada kesempatan itu, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, bersama puluhan peserta yang merupakan pegiat layang layang. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Festival Layang-layang Rare Angon 2024 digelar sejak 15 Agustus hingga 18 Agustus 2024 lalu, dan berlokasi di seputar kawasan Pantai Mertasari, Sanur. Adapun peserta yang ikut, berasal berbagai belahan negara di dunia, mulai dari Thailand, Malaysia, Filipina, Sri Lanka, India, Swedia, Australia, Amerika Serikat, Swiss, Jepang, Prancis, Vietnam, Belanda, Singapura, Belgia, Polandia, Wuhan Cina dan juga Singapura.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di hadapan para peserta menyampaikan, Festival Rare Angon adalah sebuah acara besar yang telah mewujudkan berbagai jenis kreativitas para seniman dan pegiat industri kreatif layang-layang di Bali. Selain itu, hal terpenting yang juga menjadi poin utama dalam festival ini adalah dapat bertemunya komunitas layang-layang lokal dengan para seniman dan pegiat dari berbagai belahan dunia.

"Dengan berkumpulnya para komunitas, Banjar, organisasi pelayang dan para pegiat layang-layang nasional dan internasional dalam kegiatan ini, tentu merupakan bentuk perayaan kreativitas dan kebersamaan yang sejalan dengan spirit Vasudhaiva Kutumbhakam. Festival ini selain menghibur juga memberikan sisi edukasi pada masyarakat, terutama dalam hal pelestarian kesenian dan budaya," tuturnya.

Untuk itu, Walikota Jaya Negara mengungkapkan, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pariwisata terus berkomitmen untuk terus memberikan ruang pengembangan budaya dan ekonomi kreatif. Jaya Negara juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat, baik panitia lokal maupun internasional, peserta dan lainnya atas suksesnya festival ini.

"Terimakasih atas kerja keras panitia, peserta dan seluruh pihak yang terlibat. Atas nama Pemerintah Kota Denpasar saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan setulus-tulusnya. Semoga festival ini akan membawa manfaat bagi kita semua," kata Jaya Negara.

Baca Juga: Serangkaian HUT Ke-79 RI, Ny Antari Jaya Negara Ikuti Senam Massal PINTI Bali

Salah seorang perwakilan peserta, Ron Spoulding, asal negara Thailand, yang berkesempatan menyampaikan kesan pesannya, mengungkapkan 
rasa antusiasnya mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Festival Rare Angon ini. Baginya, dapat ikut melayangan di Bali dengan suasana yang kental dengan budaya Bali adalah sebuah pengalaman tak ternilai. 

"Ini merupakan kesempatan dan pengalaman berharga bagi saya. Dunia Layang-layang adalah sebuah keindahan. 

Terimakasih pada para pelayang seluruh dunia yang telah hadir, dan juga Pemerintah Kota Denpasar yang telah sangat baik berkolaborasi untuk penyelenggaraan kegiatan ini. semoga tradisi Melayangan ini bisa selalu lestari," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Gede Eka Surya Wirawan, menjelaskan pada Rare Angon Festival 2024 ini, sebagian layangan milik peserta festival yang diterbangkan ke udara, memiliki ukuran besar. Jenisnya pun beragam, antara lain berbentuk layangan balon (layangan tanpa rangka), layangan olahraga, dan layangan konvensional yang memiliki bentuk serta warna yang bermacam-macam. 

"Mayoritas layangan itu dibuat sendiri oleh para peserta," katanya.

Acara penutupan Festival Rare Angon 2024 pada malam itu, dirangkaikan juga dengan penyerahan Piala Bergilir Walikota, dengan kategori Pecukan, Bebean, serta Jangan. Selain itu, ada juga penyerahan pemenang pada 26 kategori lainnya, dan juga penghargaan pada pelayang internasional.  (Pbm2)


TAGS :

Komentar