Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kelurahan Peguyangan Gelar Pelatihan Nyurat Aksara Bali Hingga Mesatua

Kelurahan Peguyangan kembali menggelar pelatihan nyurat aksara Bali, ngewacen aksara Bali, dan mesatua Bali di ruang Perpustakaan Saraswati, Kelurahan Peguyangan, Rabu (7/8) (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara kembali menggelar pelatihan nyurat aksara Bali, ngewacen aksara Bali, dan mesatua Bali di ruang Perpustakaan Saraswati, Kelurahan Peguyangan, Rabu (7/8). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia serta sebagai persiapan untuk lomba nyastra dalam rangkaian bulan bahasa tahun depan.

Lurah Peguyangan Gede Sudi Arcana mengatakan, kegiatan ini juga memperkuat program Pustaka Bojana yang telah diluncurkan oleh Bunda Literasi Kota Denpasar beberapa waktu yang lalu. Selain melestarikan bahasa dan sastra Bali, kegiatan ini juga dapat menambah minat baca serta meningkatkan budaya literasi siswa.

“Kegiatan nyastra ini bertujuan untuk menambah wawasan literasi anak-anak sekolah. Oleh karena itu, seluruh SD di Kelurahan Peguyangan, yaitu SD 1, 3, 5, 6, 10, 11, dan SD Candra Kasih, ikut serta dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Baca Juga: Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke-79, PINTI Bali dan INTI Klub Bali Gelar Bazar Merah Putih 2024

Arcana juga berharap, melalui kegiatan ini akan muncul bibit-bibit baru dari anak-anak yang berbakat dalam mesatua, khususnya dengan tema kepahlawanan dalam bahasa Bali. Ke depan dapat menjadi wakil kelurahan atau desa dalam ajang yang lebih tinggi. “Kami berharap ada bibit dari anak-anak yang bisa muncul dalam mesatua dengan tema kepahlawanan dalam bahasa Bali,” ucapnya.

Arcana menekankan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menularkan dan memperkuat literasi pada anak-anak serta menanamkan semangat kemerdekaan di jiwa mereka melalui upaya untuk terus mempelajari dan melestarikan budaya Bali, khususnya seni sastra Bali seperti mesatua, menulis, dan membaca aksara Bali. (Pbm2)


TAGS :

Komentar