Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tingkatkan Daya Saing, Walikota Jaya Negara Buka D’Youth Fest 4.0

Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri inagurasi pembukaan dengan konsep Dragon Ball di Ruang Taksu, Gedung Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Minggu (9/6). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Gelaran kreativitas pemuda bertajuk Denpasar Youth Festival (D’Youth Fest) 4.0 Tahun 2024 secara resmi dibuka. Pembukaan dilaksanakan langsung Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa yang ikut tampil dalam inagurasi pembukaan dengan konsep Dragon Ball di Ruang Taksu, Gedung Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Minggu (9/6).

Rangkaian pembukaan event tahunan pemuda Denpasar ini berlangsung meriah dengan penampilan apik sekeha gong, kostum karnaval, tari modern dan penampilan violin. Walikota Jaya Negara bersama Wawali Arya Wibawa turut menyatukan bola dragon ball disertai harapan agar budaya dan kreativitas pemuda Kota Denpasar terus berkobar, tumbuh melalui kegiatan positif, dan berkembang semakin pesat. Sebelum mengikuti rangkaian pembukaan, seluruh undangan tampak meninjau satu per satu stand pameran yang memenuhi Gedung Dharma Negara Alaya Kota Denpasar.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, serta Forkopimda Kota Denpasar. Hadir pula Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Widnyani Wiradana serta undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara mengatakan, D’Youth Fest 4.0 ini dilaksanakan guna menciptakan ruang ekspresi dan kreativitas anak muda di Kota Denpasar. Ide kreatif anak muda dapat tersalurkan dan memberikan nilai tambah guna mewujudkan masyarakat berdaya saing.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan yang digelar dalam rangkaian peringatan Bulan Bung Karno dengan tema “Rajut Optimisme Pemuda Kota Denpasar” ini, dapat menjadi momentum kolaborasi yang apik sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Denpasar yakni Denpasar Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju.

“D’Youth Fest memberikan ruang kreativitas generasi muda untuk menciptakan aksi, memberikan reaksi dan menghasilkan kreasi dalam pengembangan potensi. Hal ini juga menjadi momentum untuk memberikan ruang kreativitas guna merajut optimisme pemuda Kota Denpasar yang berdaya saing sesuai dengan tema utama kegiatan ini,” jelasnya.

Jaya Negara berharap, D’Youth Fest ini menjadi puncak apresiasi terhadap beragam pengembangan kreativitas dan inovasi anak muda. Hal ini juga mendukung keberadaan Dharma Negara Alaya (DNA) dan pengembangan Plaza Suci sebagai creative hub Denpasar.

“Harapan kami acara ini menjadi salah satu peluang anak muda berkreativitas dan momentum yang baik untuk berkreativitas serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi, intinya melalui D’Youth Fest ini diharapkan mampu memberikan ruang bagi kreativitas apapun yang ditekuni anak muda Denpasar,” imbuhnya.

Baca Juga: Walikota Jaya Negara Buka Pemecutan Kelod Art Festival III

Kadis Pariwisata Kota Denpasar Ni Luh Putu Riyastiti menjelaskan, Denpasar Youth Festival 2024 (D’Youth Fest 4.0) diselenggarakan untuk memfasilitasi kegiatan anak muda di Kota Denpasar untuk menciptakan aksi, memberikan reaksi dan menghasilkan kreasi dalam bentuk pengembangan potensi. Denpasar Youth Festival hadir menjadi festival tahunan yang didedikasikan untuk merayakan kreativitas, semangat, dan inovasi bagi seluruh pemuda di Kota Denpasar.

Dikatakannya, rangkaian acara D’Youth Fest 4.0 diselenggarakan selama 3 bulan, yakni Bulan Mei hingga Juli dengan beragam mata acara mulai dari workshop, competition, exhibition, UMKM, art performance, community activity, hingga live concert. Pemilihan bulan menjadi pertimbangan dalam mengkonsepkan pelaksanaan yang bertepatan dengan masa libur sekolah, sehingga D’Youth Fest 4.0 dapat menjadi wadah mengisi waktu libur pelajar dengan mengasah dan menunjukkan minat dan bakat yang dimiliki.

Lebih lanjut dijelaskan, D’Youth Fest 4.0 akan terselenggara di tiga venue berbeda di antaranya Venue Dharma Negara Alaya (DNA), Venue Lumintang, dan Venue Suci. Beragam mata acara akan mengisi pemanggungan di Bulan Juni hingga puncak acara di Bulan Juli. Venue DNA akan diisi dengan kegiatan di antaranya, Pembukaan D’Youth Fest 4.0 ARC III, Makin Dekat Film Festival, TCB Hair Expo, MC Contest 2024, Youthland BKRAF Academy, Operet This Week, Pameran Keris, Grand Final Band Competition EMS 2024, Piala Walikota ESPORT Competition, dan D’Star Voice.

Selanjutnya, Venue Lumintang akan diisi dengan Malam Puncak D’Youth Fest 4.0. Sebagai bentuk pengembangan dari tahun sebelumnya, Graha Yowana Suci kini hadir sebagai ruang yang ditujukan bagi anak muda berkreativitas yang kini diaktifkan kembali dalam D’Youth Fest 4.0, dengan beragam mata acara yang akan terselenggara di sana diantaranya Live Mural, Band Competition EMS 2024, dan Denpasar Tattoo Fest Indonesia Movement. (pbm2)


TAGS :

Komentar