Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pangdam IX/Udayana Bersama Forkopimda Peringati Hari Lahir Pancasila

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi bersama Forkopimda Provinsi Bali menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya, bertempat di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Sabtu (1/6/2024). (foto/Pendam))

Denpasar, PorosBali.com- Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi bersama Forkopimda Provinsi Bali menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya, bertempat di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Sabtu (1/6/2024).

Dalam amanat tertulis Kepala Badan Pembina Indeologi Pancasila Republik Indonesia (Kepala BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D, yang dibacakan oleh PJ. Gubernur Bali selaku Inspektur Upacara, menyampaikan bahwa Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa dan keberadaan.

Selanjutnya Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia karena didalamnya terkandung nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong yang di rajut dalam Bhineka Tunggal Ika.

"Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Karena Pancasila mampu mepersatukan kita dalam beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah", Jelas Kepala BPIP.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam menghadapi perkembangan global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Baca Juga: Kasad Buka Southeast Asia Judo Championships 2024, Diikuti 345 Atlet 

"Saya yakin dengan semangat Pancasila yang kuat seluruh tantangan yan akan dihadapi bangsa indonesia akan dapat diatasi di tengah krisis global yang terjadi. Keberhasilan tersebut merupakan sumbangsih dengan semangat gotong royong seluruh anak bangsa karena Pancasila dijadikan fondasi dasar", ungkapnya.

Dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, kali ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Mengakhiri amanatnya, Kepala BPIP mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni dan dapat memompa semangat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia.

Pada waktu yang sama, Kodam IX/Udayana juga melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Lapangan Makorem Wira Satya, Jln. PB. Sudirman, Denpasar Barat  yang dipimpinan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hartono, S.I.P yang diikuti seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Jajaran Kodam IX/Udayana se-Garnizun Denpasar. (pbm4)


TAGS :

Komentar