Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gung Mitha Pimpin Pemuda Demokrat Indonesia-Bali, Perkokoh Ajaran Marhaenisme Bung Karno

Anak Agung Istri Paramitha Dewi (tengah) saat pelantikan Pemuda Demokrat Indonesia-Bali. (Foto/pbm)

Badung, PorosBali.com- DPD Pemuda Demokrat Indonesia Provinsi Bali menggelar Konferensi Daerah (Konferda) bertema "Kokohnya Ajaran Marhaenisme menuju era 5.0" bertempat di Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung, Sabtu (18/2/2023).

Dengan semangat Marhaen Bung Karno, Konferda dirangkai Seminar Nasional membahas mengenai Penguatan Empat Pilar Kebangsaan di Kalangan Kaum Marhaenis, menghadirkan pembicara Bung Baharudin Farawowan selaku Ketua Umum DPP Pemuda Demokrat Indonesia dan Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, S.E., M.M. 

Turut Hadir dalam Konferda, Gubernur Bali yang dihadiri oleh Asisten I Setda, Bupati Badung yang dihadiri oleh Asisten I, Perwakilan Wali Kota Denpasar, Kesbangpol, Disdikpora, DPRD Bali, Ketua DPRD Klungkung, Ketua OKP se- Bali, BEM se-Bali, serta seluruh kader Marhaen se-Bali.

Ketua Panitia Anak Agung Istri Paramitha Dewi mengatakan konferda bertujuan untuk membentuk kepengurusan yang baru di tingkat Provinsi Bali dan kabupaten/kota periode 2023-2028 sehingga kedepannya dapat berperan aktif sesuai dengan tujuan Pemuda Demokrat Indonesia.

"Konferda dapat meregenerasi, dan mampu melahirkan pemimpin-pemimpin yang kuat, memiliki idealisme Bung Karno dalam mengawal pembangunan bangsa dan negara, dari Bali untuk Indonesia. Konferda bagi kami akan melahirkan pemikiran-pemikiran, terobosan-terobosan cerdik, inovasi-inovasi yang disruptif yang membalik ketidakmungkinan menjadi peluang," terangnya.

Baca juga: Bangkit, Rai Wirajaya Harap Pemuda Demokrat Indonesia-Bali Jadi Penggerak Pembangunan

Ketua DPD Pemuda Demokrat Indonesia Provinsi Bali, Anak Agung Made Angga Harta Yana mengatakan konferda yang dirangkaikan dengan seminar nasional ini adalah wujud gagasan dan pergerakan dalam menghidupkan api semangat marhaen di Bali.

"Yang  terpenting adalah Penguatan SDM unggul berhati Nasionalisme Indonesia, berideologikan Pancasila," ujar Gung Angga.

Gung Angga mengatakan Pemuda Demokrat Indonesia berasaskan Pancasila yang sama dengan Marhaenisme ajaran Bung Karno.

"Pemuda Demokrat Indonesia adalah organisasi kemasyarakatan sekaligus Organisasi pergerakan yang bersifat independen dan terbuka, anti kapitalisme, Imperialisme, kolonialisme, feodalisme dan komunisme dalam segala bentuk dan manifestasinya," jelasnya.

Pemuda Demokrat Indonesia, kata Gung Angga, bertujuan untuk mempertahankan dan mengamankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Mengisi kemerdekaan dengan mewujudkan masyarakat adil dan makmur material spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-UndangDasar 1945 serta mewujudkan tercapainya perdamaian dunia yang sempurna dan abadi yang menjamin hubungan antar bangsa atas dasar persamaan hak dan derajat dalam satu dunia baru yang bebas dari kapitalisme, imperialisme, kolonialisme, feodalisme, komunisme dalan segala bentuk dan manifestasinya.

Setelah seminar nasional dilanjutkan dengan pelaksanaan Konferda yang melibatkan seluruh pengurus DPC Pemuda Demokrat Indonesia se-Bali, bertempat di Gedung Kertha Gosana Kantor Bupati Badung. Konferda tersebut mengarahkan dan melahirkan keputusan-keputusan yang penting dalam keberlangsungkan organisasi selama satu periode kedepan yaitu 2023-2028.

Dalam pemilihan Ketua DPD Pemuda Demokrat Indonesia-Bali, Anak Agung Istri Paramitha Dewi terpilih secara aklamasi setelah menyerap aspirasi kader se-Bali. 

Diakhir Konferda Anak Agung Istri Paramitha Dewi yang akrab disapa Gung Mitha menyatakan siap menjadi ketua. "Astungkara kita akan menjadi mitra strategis pemerintah dan tetap bersama rakyat, berjuang bersama rakyat Indonesia khususnya Bali. Mengawal kebijakan pemerintah yang pro wong cilik," katanya.

Sebagaimana pidato Bung Karno, sambung Gung Mitha, "Perjuanganku tidak seberapa dibandingkan perjuanganmu yang begitu sulit karena melawan bangsa sendiri. Oleh sebab itu teruslah berjuang agar tanah ini air ini tetap diwariskan oleh anak cucu kita.

Agung Paramita Dewi merupakan srikandi muda dan bertalenta yang berasal dari Desa Peguyanan Kaja, Kota Denpasar (Pbm6)

 


TAGS :

Komentar