Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mahasiswa FT Unmas Denpasar Sabet 'Gold Prize' Kompetisi Internasional 3rd ITBMDC 2022

Mahasiswa FT Unmas Denpasar Sabet 'Gold Prize' Kompetisi Internasional 3rd ITBMDC 2022 (foto/ist)

Denpasar, PorosBali.com- Prestasi membanggakan diraih oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar dalam kompetisi 3rd International Tall Building Modelling and Design Competition (3rd ITBMDC) 2022.  3rd ITBMDC merupakan kompetisi berskala internasional yang diadakan oleh Universiti Teknologi Petronas Malaysia. Pada tahun ini 3rd ITBMDC mengusung tema “Develop A Digital Model Of A Robust Multi-Story Academic Block For Futuristic University Complex”. Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar sukses menyabet Gold Prize pada kompetisi ini.

Universitas Mahasaraswati Denpasar mengirim perwakilannya yang terdiri dari mahasiswa Teknik Sipil semester 7, diantaranya Ni Nyoman Intan Sawitri Saraswati, Ni Made Ayu Emi Udayani, Putu Ananda Raga Utama, I Nengah Edi Adnyana, I Gede Suarnaka, I Wayan Ferry Adnyana serta dibimbing oleh Ir. I Ketut Diartama Kubon Tubuh, S.T., M.T., untuk berkompetisi dengan puluhan mahasiswa lain dari dalam maupun luar negeri. Pada lomba ini mahasiswa dituntut untuk mendesign gedung fakultas teknik bertingkat dengan berbagai persyaratan yang telah ditetapkan panitia pelaksana. 

Baca juga: 

Jelang G20, Stafsus Kemendagri Tinjau Progres Pembangunan TPST Kesiman Kertalangu

Hadiri HUT Ke-77 TNI, Kapolda Bali Beri 'Hadiah' untuk Pangdam IX/Udayana

Pada kompetisi ini, mahasiswa-mahasiswi Teknik Sipil Universitas Mahasaraswati Denpasar unggul dalam perencanaan yang matang dalam merencanakan design gedung bertingkat yang diperuntukan sebagai gedung fakultas teknik, konsep design gedung terinspirasi dari tumpukan buku yang kemudian pada bagian atas gedung didesign menyerupai toga yang melambangkan universitas yang merupakan tempat para mahasiswa untuk menuntut ilmu dan memperoleh gelar sarjana. Dalam perencanaan awal gedung tentu dilakukan dengan menerapkan ilmu-ilmu aplikatif yang sesuai dan berkaitan dengan bidang teknik sipil. Perencanaan ini disajikan dalam bentuk proposal kemudian dipresentasikan di hadapan dewan juri secara daring melalui aplikasi Microsoft Teams pada tanggal 10 September 2022. Pada tahap penilaian design gedung yang dirancang dengan konsep yang terbilang unik ini mendapat pujian dari dewan juri yang menyatakan bahwa konsep yang diangkat oleh Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar sangat out of the box.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg., mengapresiasi karya dan prestasi mahasiswa yang sudah berjuang dalam mengikuti kompetisi ini. “Ini merupakan prestasi yang luar biasa dan sangat membanggakan. Jangan terlalu berpuas diri karena kita berharap ini adalah tonggak prestasi. Terkait dengan prestasi ini kita berharap dapat ditingkatkan dan yang terpenting adalah tularkan semangat ini kepada teman-teman dan adik tingkat,” ungkapnya. (Pbm5)
 


TAGS :

Komentar