Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Launching Koperasi PAS, Putu Parwata: 'Simbiosis Mutualisme untuk Kesejahteraan Masyarakat Badung'

Ketua DPRD Badung Putu Parwata saat memberikan keterangan pers kepada awak media

Badung, PorosBali.com- Sosok Putu Parwata, politisi PDI Perjuangan yang kini dipercaya menjabat Ketua DPRD Badung dikenal sangat konsisten dalam melaksanakan kewajiban sebagai wakil rakyat. Berbagai program kerja prioritas yang dilaksanakan kurun waktu 2019-2024 adalah untuk kesejahteraan masyarakat. Program kerja tersebut meliputi bdang pertanian, pariwisata berbasis pertanian dan  budaya, UMKM, market digital, ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan dan pasar higienis.

Terkait program kerja bidang pertanian berkaitan juga dengan UMKM, Putu Parwata membuat  sebuah koperasi. Mewujudkan koperasi tersebut sekaligus memperkenalkan kepada publik, Kamis (26/5/2022) bertempat di kediamannya, dilaksanakan launching koperasi itu yang diberi nama Koperasi Pinaka Ane Sujati yang disingkat Koperasi PAS.

"Anggotanya dua puluh (20) ribu KK krama Dinas Dalung termasuk krama di perumahan Dalung Permai.Dan secara perorangan, anggota Koperasi PAS ini berjumlah delapan puluh (80) ribu orang,” kata Parwata kepada awak media.

Nantinya, imbuh politisi asal Dalung tersebut, dalam operasionalnya Koperasi PAS akan menjadi distributor pangan disamping simpan pinjam.

Menariknya, sebagai langkah awal, Koperasi PAS akan menggelar pasar murah beras berkualitas super pada 1 Juni 2022 nanti yang ditujukan bagi warga Dalung termasuk Perumahan Dalung Permai.

"Warga akan mendapatkan beras C-PAR yang diproduksi oleh PT PAS dengan harga produksi sekitar Rp 68.000 per 10 kg atau Rp 34.000 per 5 kilogram," jelasnya seraya mengatakan selaku Ketua DPRD Badung, ia ingin ekonomi kerakyatan yang berbasis masyarakat dan pertanian sehingga petani mendapat nilai yang 'sustainable' atau berkelanjutan.

"Koperasi PAS ini dibawah PT Padi Alam Semesta (PAS) sebagai Badan Pangan Krama Badung yang berproduksi sebagai mitra petani," tegas Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung ini.

Lebih lanjut Parwata mengatakan kehadiran Koperasi PAS untuk membantu masyarakat dengan harapan ekonomi terus bergerak.

"Ini simbiosis mutualisme, saling menguntungkan untuk kesejahteraan masyarakat Badung," ucapnya.

Selaku kader PDI Perjuangan, Putu Parwata mengatakan ingin berbuat untuk kepentingan masyarakat. 

Putu Parwata juga mengatakan PT PAS selain melakukan demplot padi MSP dengan pupuk Green Parwata yang kemudian diproduksi menjadi beras C-PAR, juga memberikan jaminan sosial kepada petani. Bahkan ada lima jaminan yang diperoleh petani yakni jaminan hari tua (JHT), kecelakaan, kesehatan, jaminan asuransi ketika gagal panen, termasuk beasiswa bagi putra-putrinya. PT PAS sendiri beranggotakan para petani yang ada di Kabupaten Badung.

Selanjutnya, kata Parwata, tugas Koperasi PAS adalah menyalurkan beras C-PAR kepada masyarakat. Saat ini Koperasi PAS baru terbentuk di Dalung.

"Selanjutnya Koperasi PAS akan kita bentuk di semua desa wilayah Kabupaten Badung," pungkas Parwata serta menyebut UMKM dengan sistem market digital sudah berjalan berupa aplikasi BAGO yang dalam waktu dekat akan merambah Surabaya dan Jogyakarta. (Pbm2)


TAGS :

Komentar