Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kembangkan Aplikasi Hijrah Mesjid, PT. Sarana Pembayaran Syariah-MUI Karangasem Teken MoU

Direktur  PT Sarana Pembayaran Syariah (PT SPS)  Bakti Mudiazko dan Ketua MUI Kabupaten Karangasem, H. Muhammad Mursyid, S.Ag

Karangasem, PorosBali.com- Dalam rangka memperkenalkan Aplikasi Hijrah Mesjid, PT. SPS melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan MUI Karangasem, Minggu 10 Oktober 2021 di aula MAN 1 Karangasem.

PT SPS mengembangkan aplikasi Hijrah Mesjid yang bertujuan untuk memudahkan Masjid-masjid yang ada di Indonesia dalam pengelolaan Masjid secara digital. Aplikasi Hijrah Masjid ini, diharapkan dapat membantu DKM atau Takmir Masjid untuk mengembangkan Masjidnya, seperti menginformasikan profil Masjid, Jadwal harian Masjid, Program-program donasi Masjid kepada masyarakat hingga laporan keuangan Masjid dalam satu aplikasi.

Menurut Direktur  PT Sarana Pembayaran Syariah (PT SPS)  Bakti Mudiazko, kehadirannya yakni ingin mensosialisasikan produk baru dari PT SPS yakni aplikasi Hijrah Nuswantara dan Hijrah Masjid yang kini sudah tersedia pada Google Play Store. Saat ini PT SPS  telah melakukan pengembangan aplikasi digital untuk Masjid serta jamaah yang bernama aplikasi Hijrah Masjid dan Aplikasi Hijrah Nuswantara. Aplikasi Hijrah Masjid ini bertujuan membantu Masjid dalam melakukan atau memperkenalkan pengurus Masjid, program donasi hingga menjadikan Masjid bukan hanya sekedar pusat religi tetapi juga sebagai pusat sosial, ekonomi, serta pendidikan di lingkungannya.

“Tidak hanya itu, aplikasi Hijrah Masjid terintegrasi dengan aplikasi Hijrah Nuswantara. Aplikasi Hijrah nuswantara memberikan kemudahaan Jama’ahnya, dimana dapat mengetahui program-program Masjid yang telah diintegrasikan, seperti melakukan donasi infaq, sedekah, dan wakaf secara digital,” terang Bakti.

Lebih lanjut Bakti Mudiazko Dalam Kesempatan ini juga melakukan pengenalan produk Hijrah Loket yang bertujuan mengembangkan potensi Masjid dan menjadikan Masjid sebagai Pusat ekosistem ekonomi syariah.

“Aplikasi ini sangat berguna membantu mesjid dalam melakukan atau memperkenalkan pengurus, program, kebutuhan, hingga menjadikan Masjid buian hanya pusat religi, tetapi juga sebagai pusat sosial, ekonomi serta pendidikan di sekitar Masjid dan aplikasi Hijrah Nuswantara dan Hijrah Masjid yang kini sudah tersedia pada Google Play Store,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Karangasem, H. Muhammad Mursyid, S.Ag mengapresiasi apa yang telah disosialisasikan oleh PT SPS dan dengan kehadiran aplikasi ini mesjid dikarangasem akan lebih bermanfaat tidak hanya sebagai tempat ibadah namun juga sebagai tempat sarana pertemuan umat sehingga anak-anak muda akan lebih senang datang ke mesjid.


“Mesjid sebagai media keumatan dan media sosial yang digital akan tercapai dengan hadirnya aplikasi dari PT SPS ini,”ujar H. Muhammad Mursyid, S.Ag

Pada kesempatan tersebut juga diperkenalkan aplikasi Hirah Nuswantara serta produk Fitur Hijrah Loket yang menjadi salah satu upaya Kami dalam mendukung Inklusi Keuangan khususnya Keuangan Syariah. Dimana kita ketahui bahwa literasi serta akses mengenai keuangan syariah masih sangat rendah, oleh sebab itu Kami hadir melalui Masjid-masjid dimana tempat ibadah salah satu tempat terdekat dari sebuah masyarakat.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah dan terus akan mendorong berbagai program untuk meningkatkan inklusi keuangan masyarakat yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan sejalan dengan upaya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dijalankan Pemerintah. Dalam rangka turut serta meningkatkan Inklusi Keuangan Syariah.

PT SPS bersama MUI Karangasem bersinergi untuk percepatan Digitalisasi Ekosistem Ekonomi Syariah berbasis Masjid. PT Sarana Pembayaran Syariah (PT SPS) telah melakukan pengembangan aplikasi digital untuk Masjid serta jamaah yang bernama aplikasi Hijrah Masjid dan Aplikasi Hijrah Nuswantara. Aplikasi Hijrah Masjid ini bertujuan membantu Masjid dalam melakukan atau memperkenalkan pengurus Masjid, program donasi hingga menjadikan Masjid bukan hanya sekedar pusat religi tetapi juga sebagai pusat sosial, ekonomi, serta pendidikan di lingkungannya. Tidak hanya itu, aplikasi Hijrah Masjid terintegrasi dengan aplikasi Hijrah Nuswantara. Aplikasi Hijrah nuswantara memberikan kemudahaan Jama’ahnya, dimana dapat mengetahui program-program Masjid yang telah diintegrasikan, seperti
melakukan donasi infaq, sedekah, dan wakaf secara digital. Dalam Kesempatan ini Tim dari PT SPS juga melakukan pengenalan produk Hijrah Loket yang bertujuan mengembangkan potensi Masjid dan menjadikan Masjid sebagai Pusat ekosistem ekonomi syariah.

Setelah Aplikasi ini diluncurkan di Google Play Store yang bertepatan pada tanggal 1 Ramadan 1442 Hijriah (13 April 2021) dan menjawab dukungan dari MUI Karangasem dalam pengembangaan Digitalisasi ekosistem Masjid, maka saat ini tim dari PT SPS hadir untuk melakukan tanda tangan MOU dan memberikan penjelasan mengenai produk secara terperinci, dan juga penjelasan fitur-fitur yang dapat digunakan teman-teman Takmir Masjid yang hadir. Dalam acara ini, Bank Syariah Indonesia (BSI) area Bali turut hadir dan memberikan penjelasan mengenai peran Bank Syariah dalam pemberdayaan ekosistem ekonomi syariah. (Pbm2)


TAGS :

Komentar