Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Aktif Penanggulangan Pandemi Covid-19, BI Bali Saluran Bantuan Sosial

Penyerahan PSBI kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Karangasem, Jangkar Pemuda Nusantara dan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali di Gedung Gerakan Pramuka Kwartir, Denpasar

Denpasar, PorosBali.com- Bertempat di Gedung Gerakan Pramuka Kwartir, Denpasar telah dilakukan Penyerahan PSBI kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Karangasem, Jangkar Pemuda Nusantara dan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali, (2/7/2021).

Hadir pada kegiatan tersebut Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, S.E., M.M., Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, Wakil Bupati Karangasem, Dr. I Wayan Artha Dipa, SH, MH, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali, I Made Rentin, Ketua Jangkar Pemuda Nusantara, I Gusti Agung Rai Susilantara, SE, Kepala BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa serta dihadiri oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka yang mengikuti acara hari ini baik secara luring dan daring.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, menyebut pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sekitar 15 bulan berdampak cukup kuat terhadap kehidupan masyarakat di Provinsi Bali, terutama dalam pemenuhan kebutuhan dasar pangan, bagi masyarakat ekonomi ke bawah. Kesulitan tersebut berpotensi mengakibatkan lemahnya imunitas masyarakat, sehingga upaya pencegahan covid-19 tidak dapat dilakukan secara optimal.

Menyikapi fenomena tersebut, Bank Indonesia berupaya berperan aktif dalam penanggulangan pandemi covid-19 melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Pada seremonial penyerahan PSBI hari ini, Bank Indonesia Provinsi Bali menyerahkan 1.000 paket sembako penanggulangan covid-19 kepada satgas covid-19 Kabupaten Karangasem, dimana bantuan ini nantinya akan disalurkan kepada warga di Kabupaten Karangasem yang terdampak covid-19. Selain itu, bantuan diberikan juga berupa satu unit mobil ambulans kepada Jangkar Pemuda Nusantara sebagai upaya untuk mempercepat penanganan warga yang terpapar covid-19. Sebagai tambahan, PSBI juga diberikan dalam bentuk bantuan meubelair kepada Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali. Seluruh penyerahan program sosial Bank Indonesia hari ini merupakan sinergi antara Bank Indonesia dengan Anggota Komisi XI DPR-RI.

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali, I Made Rentin, menyampaikan Gerakan Pramuka mulai dari Kwartir Nasional, Daerah, dan Cabang merupakan bagian integral dari perjuangan bangsa, terutama dalam menghadapi pandemi covid-19. Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali telah membuat Program Pramuka Penolong di mana satu Pramuka bisa mengantar dua lansia untuk bisa mendapatkan vaksin. PSBI yang diberikan oleh Bank Indonesia Provinsi Bali nantinya akan digunakan untuk pembaruan meubelair yang ada di gedung Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali dan pengadaan meubelair baru untuk melengkapi sarana prasarana di Gedung Pusdiklat dan Wisma Diklat yang berlokasi di Bumi Perkemahan Pramuka Margarana Tabanan. Pembaruan meubelair tersebut guna mendukung pelaksanaan berbagai program Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali tahun 2021.

Pada kesempatan tersebut, Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, S.E., M.M., menyampaikan bahwa transformasi digital yang dilakukan Bank Indonesia, antara lain melalui QRIS telah memberikan kemudahan dan juga sebagai upaya dalam menekan mata rantai Covid-19 melalui transaksi digital yang contactless. PSBI yang disalurkan oleh Bank Indonesia merupakan salah satu wujud komitmen Bank Indonesia dalam memberi makna nyata bagi perekonomian Indonesia.

Kegiatan penyerahan hari ini diakhiri dengan Edukasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah oleh Tim Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan diikuti oleh seluruh anggota pramuka yang hadir secara luring maupun daring. (Pbm2)


TAGS :

Komentar