Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tak Hanya Komitmen, Pengelola LPD harus Profesional

Bendesa Adat Abianbase Drs. I Made Sunarta, MM, M.Si

Badung, PorosBali.com- Keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bali. LPD sebagai lembaga keuangan milik Desa Adat, menjadi benteng pelestarian seni, adat dan budaya Bali sehingga dituntut bisa bertahan di tengah serbuan lembaga keuangan lainnya. Untuk itu, kesehatan LPD harus terus ditingkatkan agar mampu bersaing dengan yang lain.

LPD mempunyai kekuatan berbasis Desa Adat, itu

modal yang utama. Kemudian sistem LPD yang sudah teruji selama 35 tahun menjadi kekuatan lain LPD.

“LPD harus dikelola dengan baik dan profesional sehingga tetap menjadi kebanggaan dan kepercayaan bagi Desa Adat,” terang bendesa adat Abianbase, Drs. I Made Sunarta, MM, M.Si, Kamis (18/2/2021).

Lebih lanjut Made Sunarta yang juga Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Badung mengungkapkan, pengelolaan LPD mesti dibuat hampir sama dengan pengelolaan bank. Pengurus LPD yang dipilih harus profesional dan mengerti perbankan.

“Tidak cukup hanya komitmen, Pengurus terutama Ketua LPD harus dipilih sesuai kompetensinya, dan mengerti perbankan sehingga LPD nantinya mampu berkembang dan maju,” ungkapnya.

Demikian halnya bendesa adat yang juga dipercaya sebagai dewan pengawas LPD mesti benar-benar mengawasi jalannya LPD demi kesinambungan dan nama baik LPD ke depan.

“Maju tidaknya LPD tergantung dari kepercayaan masyarakat menyimpan dananya di LPD, maka dari itu pengawasan sangat penting sekali,” tegas I Made Sunarta.

Ditambahkan, ketika LPD mengalami permasalahan, alangkah baiknya memang diselesaikan di tingkat adat terlebih dahulu. Dimulai dari warga selaku nasabah dengan LPD, lalu diupayakan ditingkat banjar lanjut ke tingkat desa adat. Apabila tidak juga bisa diselesaikan secara adat, baru dilanjutkan ke ranah hukum.

“Demi menjaga hubungan yang baik antara pengurus dan masyarakat penyimpan dana memang setiap masalah diselesaikan dulu di dalam sebelum dibawa keluar,” harap sunarta seraya mengajak masyarakat Bali untk bersama-sama membesarkan LPD. (Pbm6)


TAGS :

Komentar