Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

PT Pertamina DPPU Ngurah Rai Raih Penghargaan Dalam Peringatan Hari AIDS Sedunia 2020

PT Pertamina DPPU Ngurah Rai Raih Penghargaan Dalam Peringatan Hari AIDS Sedunia 2020

Badung, PorosBali.com-  Sebagai wujud nyata kontribusi Pertamina dengan masyarakat, melalui unit operasi Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai yang bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Badung dan Yayasan Kesehatan Bali (Yakeba) melaksanakan acara seremonial Hari AIDS Sedunia dengan tema ‘Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Solidaritas 10 Tahun Menuju Akhir AIDS 2030’ yang berlokasi di Gedung Badung Command Center, Badung. Selain dilaksanakan secara offline, acara ini dilaksanakan secara online dengan mengundang 172 instansi terkait se-Kabupaten Badung melalui platform zoom. 


Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, Kepala BNN Kabupaten Badung, tim Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Yayasan Kesehatan Bali serta Forum Remaja Peduli AIDS dan Narkoba (FRPA). Adapun agenda pada acara seremonial Hari AIDS Sedunia (HAS) adalah launching aplikasi edukasi SIHIVA (Sahabat Informasi HIV AIDS) 2.0, pengukuhan FRPAN (Forum Remaja Peduli AIDS dan Narkoba), dan pengenalan Hand Sanitizer Sekar Jepun produksi KDS Sekar Jepun Badung. 
Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital, DPPU Ngurah Rai bekerjasama dengan FRPAN membuat aplikasi SIHIVA (Sahabat Informasi HIV AIDS) 2.0. Dengan karakter perempuan Bali yang aktif dan berani, HIVA diharapkan menjadi teman yang ramah bagi audience yang ingin mengetahui informasi HIV AIDS. Segala informasi terkait HIV AIDS dapat diakses dalam genggaman oleh seluruh masyarakat kapan pun dan dimana pun. Dalam aplikasi ini terdapat delapan fitur yang dapat digunakan seperti Materi, Berita, Quiz, Layanan, Video, Kontak, Tentang dan Tanya SIHIVA. 
Pembentukkan FRPAN Badung dilakukan dengan mengajak delapan sekolah dengan beranggotakan 50 
siswa pada angkatan pertama. Pembekalan telah dilakukan bersama Yakeba dan KPA dengan memberikan 
materi sosialisasi terkait HIV AIDS, narkoba dan kesehatan reproduksi pada bulan November secara daring dan tatap muka dengan protokol kesehatan Covid-19. 
Melalui program ODHAPRENEUR, pemberdayaan terhadap ODHA KDS Sekar Jepun dilakukan dengan tujuan meningkatkan skill wirausaha dan pendapatan mereka yang mengalami dampak akibat pagebluk. Program ODHAPRENEUR ini dilakukan dengan memproduksi Hand sanitizer Sekar Jepun sejak bulan Oktober pada 5 ODHA KDS Sekar Jepun Badung dengan pendampingan dari Dompet Sosial Madani. 
Kontribusi nyata PT Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai melalui program-program diatas mendapatkan 
penghargaan dari KPA Kabupaten Badung sebagai lembaga yang turut berpartisipasi dalam penanggulangan HIV AIDS. Abraham AZ Sapulete selaku Opeation Head DPPU Ngurah Rai berharap dengan terlaksananya program-program pengendalian HIV AIDS bersama dengan stakeholder terkait dapat menekan angka pertumbuhan kasus HIV AIDS di Kabupaten Badung dan tercapainya Ending AIDS pada tahun 2030. (Pbm2)


TAGS :

Komentar