Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gencarkan Operasi Yustisi Penegakan Prokes, Tim Gabungan Badung Masih Temukan Pelanggaran

Tim Gabungan Kabupaten Badung saat Operasi Penegakan Protokol Kesehatan

Badung, PorosBali.com- Operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan terus digencarkan di Kabupaten Badung dalam hal ini Petugas Gabungan Satpol PP dan kepolisian.

Kepala Satpol PP Kabupaten Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengatakan, operasi yustisi rutin digelar dua kali sehari dari gabungan tim kabupaten serta dua kali sehari dari gabungan masing-masing kecamatan yang dibantu dari Satgas Desa/Kelurahan.

Suryanegara mengungkapkan salah satunya sidak prokes dilakukan di sekitar Pantai Pererenan, Mengwi, Badung, Bali, pekan lalu.

Dalam operasi tersebut, dari 39 orang yang terjaring razia masker 28 orang merupakan warga negara asing.

Mereka memang membawa masker, tetapi tidak menggunakannya dengan benar.

"Bawa masker, tapi tak pakai dengan benar. Ada yang hanya ditaruh di dagu," kata Suryanegara, saat dihubungi, Kamis (17/9/2020).

Foto: Kasatpol PP Kabupaten Badung IGAK Suryanegara

Lebih lanjut Suryanegara mengatakan, saat terjaring razia masker tersebut, rata-rata WNA tersebut tidak terima dan marah. Ini lantaran mereka menganggap dirinya sudah aman karena mengendarai motor sendirian, menggunakan helm, dan di tempat terbuka.

"Karena mereka menganggap saat sudah naik motor mobil, apalagi sendiri menganggap sudah terhindar atau aman dari Covid-19," cerita dia.

Razia atau operasi ini, menurut Suryanegara akan terus dilakukan mengingat kasus Covid-19 di Bali terus meningkat.

Dalam seminggu menggelar operasi ini, Suryanegara mengatakan telah menemukan 316 warga yang tak mengenakan masker dengan benar. Mereka rata-rata menganggap keadaan sudah normal dengan diterapkannya adaptasi kebiasaan baru.

"Mungkin kesadaran mulai menurun dengan pemberlakuan kehidupan baru sudah bebas saja. Mungkin juga karena sebelumnya ada tren penurunan penyebaran wabah dan sehat makin banyak," pungkasnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar