Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ny. Sagung Antari Jaya Negara Serahkan Westafel di Pura Dalem Sukun, Peguyangan

Ketua WHDI Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyerahkan bantuan westafel di Pura Dalem Sukun, Peguyangan.

Denpasar, Porosbali.com- Kota Denpasar gencar memutus mata rantai penyebaran covid-19. Salah satunya melakukan sosialisasi dengan melibatkan berbagai kalangan dan komponen masyarakat, termasuk juga Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Denpasar.

Hari ini Jumat (17/7) pagi Pk.09.30 Wita , WHDI Kota Denpasar mengadakan sosialisasi yang menyasar pengempon Pura Dalem Sukun di Br. Benaya Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara.

Ketua WHDI Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara memimpin langsung rombongan bersama pengurus WHDI Kecamatan Denpasar Utara serta WHDI Kelurahan Peguyangan. Turut hadir dalam acara sosialisasi ini Anggota DPRD Kota Denpasar Wayan Sutama, Lurah Peguyangan Anak Agung Gede Agung Dharma Putra beserta Kepala Lingkungan Pulugambang I Gst. Putu Gede Wisnawa dan Kelian Adat Br. Benaya I Gusti Agung Bagus Widara. 

Sosialisasi yang diikuti 25 orang itu tetap mengikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan, mengingat saat ini sedang pandemi covid-19.

Sebelum dilaksanakan sosialisasi, rombongan WHDI Kota Denpasar bersama pengempon Pura Dalem Sukun melakukan persembahyangan bersama. 

Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengucapkan terima kasih atas karena berkesempatan dapat menghaturkan bhakti (sembahyang) di Pura Dalem Sukun. 

"Kami dari WHDI Kota Denpasar menyampaikan terima kasih. Kami bisa bwrsama di Pura Dalem Sukun ini semoga kita selalu diberikan wara nugraha, kesehatan dan keselamamatan. Apalagi sekarang virus corona sedang mewabah. Semoga pandemi virus corona ini cepat berakhir", ungkap Istri Wakil Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara ini.

Kali ini sosialisasi menghadirkan dr. Putu Dian Ekawati, MPH (RS. Prima Medika), yang juga pengurus WHDI Kota Denpasar. Dalam sosialisasinya dr. Dian secara umum menyampaikan tentang covid-19 yang hingga kini sedang mewabah, termasuk obat dan anti virusnya juga belum ada. Untuk itu ia mengingatkan masyarakat agar disiplin mengikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan. 

"Ingat selalu bahaya virus corona. Penyebarannya sangat cepat. Tolong ikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan. Gunakan masker dengan benar, cuci tangan dengan benar dan jaga jarak" demikian dr. Dian mengingatkan. Seraya berharap masyarakat agar berhati-hati menerima informasi tentang covid-19.

Mengakhiri sosialisasi kali ini, Ketua WHDI Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyerahkan westafel sarana untuk mencuci tangan untuk antisipasi penyebaran covid-19. 

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Pura Dalem Sukun merupakan salah satu cagar budaya yang ada di Kota Denpasar. Pura Dalem Sukun secara struktur terdiri dari tiga halaman, yaitu halaman jeroan (utama mandala), halaman tengah (madya Mandala),  dan halaman luar (nista mandala) langsung berupa jalan. Disebutkan pula bahwa Karakter Pura Dalem Sukun adalah geneologis, karena dimiliki oleh keluarga Bendesa, pengemponnya terdiri dari 500 kepala keluarga, dan penyungsungnya terdiri dari 900 kepala keluarga. (Pbm5)

 

 

 

 


TAGS :

Komentar