Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sekda Alit Wiradana Pimpin Apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96

Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana saat memimpin Apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96, yang digelar di Lapangan Lumintang Denpasar, Senin (28/10/2024). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Kota Denpasar berlangsung khidmat dengan upacara bendera yang digelar di Lapangan Lumintang Denpasar, Senin (28/10). Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara bendera tersebut. Turut hadir Wakil Ketua DPRD Denpasar Ida Bagus Yoga Adi Putra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Denpasar, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Apel peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini diisi pembacaan Teks Pancasila oleh Sekda Kota Denpasar, pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928, menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dan Bangun Pemuda Pemudi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo dalam sambutannya yang dibacakan Sekda IB Alit Wiradana menyampaikan, nilai-nilai agung yang ditampilkan oleh generasi sumpah pemuda 1928 ini harus selalu didengung-dengungkan berkali-kali di setiap waktu. Hal ini untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia, dalam menghadapi berbagai perubahan situasi dan kondisi yang sangat cepat, guna menjaga eksistensi kebangsaan Indonesia secara lestari.

Dikatakannya, bulan Pemuda dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 ini berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah bangsa Indonesia mewujudkan target-target pembangunan jangka menengah. Hal ini sebagai landasan pencapaian target Pembangunan jangka panjang 2045, yaitu terwujudnya Indonesia Emas yang bercirikan kemajuan dan kesejahteraan yang makin tinggi, serta kiprah bangsa Indonesia yang lebih kuat dalam kancah global.

Baca Juga: Gerakan Pramuka Kwarcab Denpasar Gelar Jambore

Sekda IB Alit Wiradana berharap kepada pemuda untuk lebih berperan dalam pembangunan nasional Indonesia. Hal ini lantaran pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan. Oleh karena itu sungguh tepat, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2024 ini mengangkat tema Maju Bersama Indonesia Raya. Tema ini menyampaikan pesan kepada kita semua, untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera.

Alit Wiradana mengatakan, peran pemerintah daerah sungguh sangat penting untuk menggerakkan pelayanan kepemudaan. Peran ini diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik dan berkesinambungan, serta diwujudkan dalam bentuk rencana aksi daerah (RAD) layanan kepemudaan yang berorientasi kepada peningkatan IPP yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing.

“Setiap upaya untuk memperbaiki kebijakan kepemudaan pada tingkat daerah patut mendapatkan penghargaan yang setinggi-tingginya karena hal ini akan berdampak kepada perluasan cakupan dan jangkauan pelayanan kepemudaan semakin meluas hingga tidak ada satu orang pemuda yang tidak mendapatkan pelayanan,” ujarnya.

Pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, marilah kita bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia dengan berbagai cara yang dapat dilakukan. Ke depan pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi dan passion masing-masing.

“Marilah kita perbaiki kepedulian kita kepada pemuda Indonesia melalui perbaikan pelayanan kepemudaan, perbaikan tata-kelola pelayanan kepemudaan, dan dukungan sumber daya termasuk memberikan ruang kreatvitas bagi pemuda yang tercermin dengan kenaikan Indeks Pembangunan Pemuda,” ujarnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar