Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gerakan Pramuka Kwarcab Denpasar Gelar Jambore

Kadisdikpora Denpasar Anak Agung Gede Wiratama selaku pemina upacara saat Jambore Cabang Denpasar tahun 2024 mulai 28-31 Oktober 2024 bertempat di Lapangan Parkir Pantai Mertasari, Sanur Kauh, Denpasar Selatan. (foto/hms)

Denpasar; PorosBali.com-Dalam rangka membina dan mengembangkan sikap kemandirian, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kepemimpinan, persaudaraan, kepedulian sosial dan lingkungan hidup bagi para anggora Pramuka Penggalang, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Denpasar menyelenggarakan Jambore Cabang Denpasar tahun 2024 mulai 28-31 Oktober 2024 bertempat di Lapangan Parkir Pantai Mertasari, Sanur Kauh, Denpasar Selatan.

Jambore Cabang Denpasar 2024 mengambil tema “Kebersamaan, Inspirasi, Bakat, Aksi dan Ragam (KIBAR)” dengan menitikberatkan pada pengembangan diri peserta dari aspek fisik, mental, spiritual, sosial dan intelektual. Kegiatan Jambore Cabang 2024 dikemas dengan berbagai metode dengan harapan peserta lebih dapat merasakan, menghayati dan mendalami materi-materi dalam kegiatan yang disajikan baik secara individu maupun beregu.

Ni Made Ari Astini, SE, Ketua Panitia Jambore Cabang Denpasar 2024 dalam sambutannya menyampaikan, Jambore Cabang Denpasar 2024 diikuti 512 Pramuka Penggalang yang berasal dari 34 SMP negeri/swasta se-Kota Denpasar atau 30 regu putra dan 34 regu putri. “Melalui Jambore ini, kami ingin mencetak bibit Pramuka yang berkarakter menuju Indonesia Emas 2045,” kata Ari Astini.

Ari Astini menambahkan, Jambore Cabang Denpasar 2024 adalah sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi Pramuka Penggalang yang bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan serta meningkatkan rasa kebangsaan yang ber-“Bhineka” sebagai manusia ber-“Imtaq”, ber-“Iptek” dan berjiwa Pancasila.

Selaku Pembina Upacara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, Drs. Anak Agung Gede Wiratama, M.Ag mewakili Pjs. Walikota Denpasar dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan Jambore Cabang Denpasar 2024 ini.

Baca Juga: Sekda Alit Wiradana Buka GelogoRun, Berharap Minat Masyarakat Berolah Raga Meningkat

Ia mengatakan, Jambore merupakan salah satu wadah atau sarana pendidikan bela negara dengan menanamkan nilai-nilai nasionalisme, membangun semangat keterbukaan dalam bersikap, dengan mengedepankan nilai-nilai open minded dalam berkegiatan bersama, memberikan kesempatan kepada Pramuka Penggalang untuk mengaktualisasikan dirinya agar mempunyai sikap mental, kepercayaan diri dan jiwa kepemimpinan yang lebih positif, memberikan tambahan pengalaman, pengetahuan dan ketrampilan yang berguna bagi Pramuka Penggalang serta masyarakat.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh anggota Pramuka di Denpasar agar senantiasa berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa, selalu berbuat kebaikan dan menjauhkan diri agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif. “Kakak berharap, setelah mengikuti Jambore ini, kalian lebih memahami dan menghayati semangat kepramukaan beserta satya dan darmanya, sistem beregu, kerukunan, kekompakan, kegotong-royongan, dan kesetiakawanan,” kata Gede Wiratama.

Materi kegiatan yang berikan selama Jambore Pramuka Penggalang Kwarcab Denpasar Tahun 2024 meliputi kelompok kegiatan umum, kelompok kegiatan wisata, kelompok kegiatan pengembaraan, kelompok kegiatan pengembangan kepramukaan, kelompok kegiatan menjaga tradisi melalui kreativitas digital dan kelompok kegiatan keterampilan kepramukaan. (Pbm2)


TAGS :

Komentar