Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pj. Gubernur Mahendra Jaya Harap Program HATINYA PKK dan Deligi Terus Berlanjut

Pj. Gubernur SM Mahendra Jaya meresmikan Model Desa Binaan TP PKK Provinsi Bali di Balai Banjar Temesi, Desa Temesi, Gianyar, pada Jumat (25/10). (foto/hms)

Gianyar, PorosBali.com- Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya mengapresiasi program HATINYA PKK dan Desa Peduli Gigi (Deligi). Ia berharap kedua program tersebut tidak hanya selesai pada acara peresmian, namun menjadi langkah awal untuk terus dilanjutkan dan dikembangkan. Hal itu disampaikannya saat meresmikan Model Desa Binaan TP PKK Provinsi Bali “Telajakan Bersemi AKU HATINYA PKK dan Desa Peduli Gigi (Deligi)” di Balai Banjar Temesi, Desa Temesi, Gianyar, pada Jumat (25/10).

Dalam kesempatan tersebut, ia memuji program-program unggulan yang dikeluarkan oleh TP PKK Bali. Program tersebut dinilai mendorong potensi desa serta memperkuat kerja sama (ngrombo) yang baik dalam memajukan desa. “Saya berharap Tim Penggerak PKK dapat membuat pedoman dan mendorong penerapan program ini secara masif, tidak hanya di Desa Temesi, tetapi juga di desa lainnya di Bali,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah daerah, antara lain melahirkan generasi muda Bali yang unggul dan tangguh serta mendorong tumbuhnya desa-desa wisata di Bali. “Mengingat Bali sangat bergantung pada sektor pariwisata, dibutuhkan SDM Bali yang unggul dan kompetitif agar masyarakat Bali dapat menjadi tuan di rumahnya sendiri,” imbuhnya.

Terkait terpilihnya Desa Temesi, Pj. Mahendra Jaya menjelaskan, meskipun desa ini dikenal sebagai TPA yang berdampak pada citra negatif, Desa Temesi sebenarnya memiliki potensi wisata, SDM yang pantang menyerah, keindahan alam, serta aksesibilitas yang baik. “Untuk itu, saya meminta semangat untuk mengubah citra Desa Temesi terus dijaga dan dikobarkan, sehingga apa yang telah dimulai ini tidak berhenti di sini tetapi terus berlanjut,” ajaknya.

Baca Juga: Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya Dukung Pameran Alutsista TNI di Denpasar

Pj. Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. drg. Ida Mahendra Jaya menjelaskan, program “Telajakan Bersemi AKU HATINYA PKK” merupakan wujud komitmen untuk menata telajakan dengan menanam tanaman hias/berbunga, menciptakan kesadaran, dan tindakan nyata dalam menjaga kelestarian serta kenyamanan lingkungan tempat tinggal. Sementara itu, program Deligi merupakan kegiatan baru yang mungkin satu-satunya di Bali dan diharapkan menjadi inspirasi bagi kabupaten dan provinsi lainnya. “Pihak Kemenkes RI bahkan sangat mengapresiasi Deligi ini hingga mengundang TP PKK Provinsi Bali sebagai narasumber pada suatu kegiatan yang terkait dengan kesehatan gigi,” lapornya.

Ia menegaskan, model desa binaan ini berjalan baik berkat dukungan berbagai pihak, termasuk instansi vertikal, BUMN/BUMD, akademisi, dan masyarakat. “Kepada Desa Temesi, kami berharap dukungan berkelanjutan tidak hanya sampai peresmian ini. Apa yang telah kami tanam di Temesi adalah aset desa yang menjadi kewajiban Bapak/Ibu untuk melanjutkannya,” tandasnya.

Kesuksesan gerakan TP PKK juga diakui oleh Pj. Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa. Dalam laporannya, ia menyampaikan, program PKK merupakan bagian dari pembangunan nasional yang perlu terus dipacu, termasuk program Desa Binaan Telajakan Bersemi AKU HATINYA PKK dan Deligi. Hal ini merupakan komitmen dan langkah konkret PKK dalam membangun Desa Temesi yang lebih berkembang dan berkelanjutan. “Kami berharap program seperti ini terus dikembangkan dan dilanjutkan, menciptakan perubahan yang positif dan berkelanjutan bagi generasi mendatang,” jelasnya.

Acara tersebut turut dihadiri Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Widiastuti Wirasa, Pj. Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, serta kepala perangkat daerah Provinsi Bali dan Kabupaten Gianyar.  (Pbm1)


TAGS :

Komentar