Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Giri Prasta Serahkan Bantuan Hibah dan BKK Untuk Bangli dan Klungkung

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyerahkan dan hibah dan BKK untuk Kabupaten Bangli di Halaman Kantor Bupati Bangli, Minggu (21/9). (foto/hms)

Bangli, PorosBali.com- Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan bantuan hibah dan bantuan keuangan khusus (BKK) yang bersumber dari Perubahan APBD Kabupaten Badung Tahun 2024 untuk Kabupaten Bangli dan Kabupaten Klungkung, Minggu (22/9). Pada kesempatan ini, turut hadir mendampingi Bupati Badung, Pj. Sekda Badung IB Surya Suamba, Ketua DPRD Badung I Gusti Anom Gumanti, kepala OPD terkait di lingkup Pemkab Badung.

Bupati Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya menyampaikan, akan tetap berpegang teguh pada komitmen untuk berbagi dari Badung untuk Bali dan Nusantara melalui program Badung Angelus Buana, untuk membantu dan meringankan beban masyarakat dalam hal urusan adat, pemerintahan dan kemasyarakatan. Dijelaskan pula, melalui program ini dirinya ingin membangun jembatan emas untuk generasi mendatang, agar mereka tidak lagi memikirkan membangun infrastruktur lagi, tetapi bisa mengembangkan diri ke arah yang lain.

“Karena kita punya 3 prinsip, secara aspek filosofi sebenarnya hal ini sudah diinginkan sekali oleh para leluhur kita. Secara aspek sosiologis kita ini adalah bersaudara apalagi umat se-Dharma. Secara aspek yuridis dibenarkan. Maka saya, Giri Prasta mengambil kebijakan politik anggaran, ini kami sudah di atas out of the box, ya boleh dikatakan open mind. Kami ingin menanamkan bahwa bagaimana kebersamaan, bagaimana kita bangun bersama-sama. Ketika Bupati Badung bergerak dan sudah dikomandoi oleh kepala daerah anyg lain seperti contoh sekarang ini, maka masyarakat wajib untuk meroyong,” ujarnya.

Baca Juga: Wabup Suiasa Hadiri HUT Ke-41 ST Satya Muni Banjar Selat, Mengwitani

Bertempat di halaman Kantor Bupati Bangli, Bupati Giri Prasta menyerahkan secara simbolis hibah dan BKK dengan total Rp 142 miliar lebih, dengan rincian dana hibah diserahkan kepada 281 badan/organisasi/kelompok masyarakat yang telah memiliki Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dengan nilai Rp 92.610.799.000 dan BKK kepada Pemerintahan Kabupaten Bangli dengan nilai Rp 50.000.000.000.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan bahwa apa yang sudah terjadi pembangunan selama 3,5 tahun di Kabupaten Bangli, berkat sinergitas dan bantuan dari kawan-kawan Pemerintah Kabupaten/Kota yang paling utamanya adalah Pemkab Badung dan Pemerintah Provinsi Bali. Dijelaskan pula, dirinya mengharapkan program ini akan berlanjut terus bukan hanya tahun ini dan yang sudah-sudah tetapi juga tahun kedepan.

Di Kabupaten Klungkung, bertempat di Pura Agung Kentel Gumi, Tusan, Banjarangkan, Klungkung, dana hibah diserahkan kepada 129 kelompok masyarakat dengan nilai Rp 37.607.025.000 dan BKK kepada 53 Pemerintah Desa dan OPD Pemkab Klungkung dengan nilai Rp 66.389.400.000. Total hibah dan BKK yang diserahkan Rp 103 miliar lebih.

Pj. Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung beserta jajaran atas bantuan yang diberikan kepada Kabupaten Klungkung untuk mendanai pembangunan dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintah daerah. Dijelaskan pula, Kabupaten Klungkung sebagai daerah dengan luas wilayah yang kecil, memiliki kapasitas fiskal yang sangat rendah dan PAD yang relatif kecil dibanding pemkab/pemkot lainnya. Pemkab Klungkung sangat tergantung pada bantuan dari Kabupaten Badung ini.

“Program ini merupakan program yang sangat mulia. Program ini merupakan stimulus dan katalis bagi percepatan pembangunan di seluruh Bali,” ujar Pj. Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika. (Pbm2)


TAGS :

Komentar