Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Walikota Jaya Negara Ngeratep Palawatan Pura Desa dan Puseh Denpasar

Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Upacara Ngeratep Pelawatan Pura Desa dan Puseh, Desa Adat Denpasar, Jumat (20/9). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, turut hadir dan berpartisipasi dalam pelaksanaan Upacara Ngeratep Pelawatan Ida Ratu Gede dan Ida Ratu Ayu di Pura Desa dan Pura Puseh, Desa Adat Denpasar, Jumat (20/9). Upacara ini merupakan bagian dari rangkaian Upacara Ngusabha Desa, Ngusabha Nini, Mupuk Pedagingan, Pedudusan Agung, dan Tawur Balik Sumpah di Pura Desa dan Pura Puseh Desa Adat Denpasar.

Upacara Ngeratep dipuput oleh Ida Pedanda Geriya Tegal Sari dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Denpasar I Ketut Suteja Kumara, Penglingsir Puri Agung Denpasar, dan tokoh masyarakat Desa Adat Denpasar.

Walikota Jaya Negara di sela-sela rangkaian Upacara Ngeratep menyatakan rasa bahagianya karena dapat ikut serta dalam pelaksanaan Upacara Ngeratep Pelawatan dan berharap seluruh rangkaian upacara berjalan dengan lancar hingga akhir. “Kami turut berbahagia dapat turut serta dalam rangkaian Upacara Ngusabha Desa di Desa Adat Denpasar, astungkara pelaksanaan upacara dapat berjalan lancar dan labda karya hingga akhir upacara nanti,” ujar Walikota Jaya Negara

Baca Juga: Pemkot Denpasar Gelar Aksi Bersih-bersih di Pantai Mertasari Sanur

Di akhir acara, Walikota Jaya Negara juga menyerahkan punia sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Kota Denpasar untuk kelancaran pelaksanaan upacara tersebut. Hadir pula menyerahkan punia, dari Bank BPD Bali Cabang Utama Denpasar serta dari PT Pelindo.

Bendesa Adat Denpasar Anak Agung Ngurah Alit Wirakesuma menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Upacara Ngeratep Pelawatan. Ia secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, melalui Walikota dan Wakil Walikota Denpasar, yang telah menghaturkan punia dalam rangkaian Upacara Ngusabha Desa.

Pelaksanaan Upacara Ngeratep Pelawatan yang dimulai sejak pagi dilanjutkan dengan Upacara Pemelaspasan dan Pemasupatian pada sore harinya. Di malam hari, akan digelar upacara Masuci di Setra Badung Denpasar.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Desa Adat Denpasar untuk bersama-sama menghaturkan sembah bakti demi kelancaran rangkaian Upacara Ngusabha Desa, Ngusabha Nini, Mupuk Pedagingan, Pedudusan Agung, dan Tawur Balik Sumpah di Pura Desa dan Pura Puseh hingga puncak acara yang akan berlangsung pada bulan November 2024,” ujar Alit Wirakesuma. (Pbm2)


TAGS :

Komentar