Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pimpinan DPRD Bali Periode 2014-2029 Ditetapkan, Dewa Jack Sebagai Ketua

Dewa Made Mahayadnya bersama Wayan Disel Astawa (foto/ist)

Denpasar, PorosBali.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali resmi menetapkan pimpinan DPRD Bali periode 2024-2029 melalui pengumuman yang disampaikan oleh Ketua Sementara DPRD Bali, Dewa Made Mahayadnya, S.H yang kerap disapa Dewa Jack.

Penetapan ini dilakukan berdasarkan hasil Pemilu 2024 dan surat-surat usulan dari partai politik yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Provinsi Bali.

Pengumuman tersebut tertuang dalam Pengumuman Nomor: B.08.000.1.5/21887/PSD/DPRD tentang Calon Pimpinan DPRD Provinsi Bali Masa Jabatan 2024-2029 yang dibacakan pada Rabu (18/9/2024) di Ruang Rapat Gabungan Gedung DPRD Provinsi Bali. Dewa Mahayadnya menyatakan bahwa penetapan ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, di mana pimpinan DPRD berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak.

Baca Juga: Hari Pertama Ngantor, Dewa Jack Langsung Diundang Bertemu Presiden Zanzibar

Berdasarkan Pasal 111 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, pimpinan DPRD berasal dari partai politik dengan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD Provinsi.

Untuk DPRD Bali, partai dengan perolehan kursi terbanyak adalah PDI Perjuangan dengan 32 kursi, disusul oleh Partai Gerindra dengan 10 kursi, Partai Golkar dengan 7 kursi, dan Partai Demokrat dengan 3 kursi. Dewa Mahayadnya juga menjelaskan bahwa surat-surat usulan dari masing-masing partai telah diterima, termasuk dari PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Demokrat. Surat tersebut memuat nama-nama calon pimpinan DPRD yang diajukan oleh masing-masing partai.

Daftar pimpinan DPRD Bali masa jabatan 2024-2029 yang telah ditetapkan: Dewa Made Mahayadnya, S.H. dari PDI Perjuangan menjabat sebagai Ketua DPRD Bali. Kemudian, I Wayan Desel Astawa dari Partai Gerindra, Ida Gede Komang Kresna Budi dari Partai Golkar, I Komang Nova Sewi Putra dari Partai Demokrat ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPRD Bali. (Pbm1)


TAGS :

Komentar