Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bunda Literasi Kota Denpasar Ny Antari Jaya Negara Sapa Anak-Anak di Taman Janggan Lewat LIPSTIK

Bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan, Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ayu Kristi Arya Wibawa menyapa puluhan anak- anak SD Saraswati 2 Denpasar yang tengah mengikuti kegiatan Literasi Pagi Simpatik Dan Menarik (LIPSTIK) di Perpustakaan Taman Janggan, Denpasar, pada Sabtu (14/9) pagi. (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan, Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ayu Kristi Arya Wibawa menyapa puluhan anak- anak SD Saraswati 2 Denpasar yang tengah mengikuti kegiatan Literasi Pagi Simpatik Dan Menarik (LIPSTIK) di Perpustakaan Taman Janggan, Denpasar, pada Sabtu (14/9) pagi.

Dalam kesempatan tersebut turut pula mendampingi Kepala Dinas Perpustakaan & Kearsipan Denpasar, Dewa Nyoman Sudarsana dan Bunda Literasi Se-Kecamatan Denpasar Timur. 

Bunda Literasi Kota Denpasar,  Ny. Antari Jaya Negara di sela kegiatan berlangsung,  menyebut kegiatan Literasi Pagi Simpatik dan Menarik yang diperuntukkan bagi anak - anak usia dini ini penting untuk terus digaungkan guna menumbuhkan semangat literasi pada anak sejak dini. 

"Banyak sekali manfaat dari pembelajaran literasi bagi anak seperti mengasah kemampuan anak mengungkapkan perasaan, mengasah anak untuk mengungkapkan keinginannya, mengasah kemampuan anak menerima, mengolah dan menyikapi informasi dan mengajari anak berpikir kritis dan logis dalam setiap situasi," ungkapnya.

Pembelajaran literasi anak ini lanjut Ny. Antari Jaya Negara, tidak hanya mencakup membaca atau menulis saja, melainkan juga pengembangan soft skill lainnya yang penting bagi tumbuh kembang anak. 

Baca Juga: Walikota Jaya Negara Hadiri Karya Melaspas Wantilan Pura Agung Petilan

Semuanya pembelajaran tadi terangkum pagi ini dalam kegiatan mendongeng dengan media origami (seni melipat kertas) dimana anak- anak belajar membuat origami dengan bimbingan pengajar diakhiri sesi interaktif dengan pertanyaan seputar isi kegiatan. Hal ini menurutnya juga dapat meminimalisir pengaruh buruk dari penggunaan gadget yang berlebihan pada anak.

"Melihat antusiasme anak - anak dan para orangtua mengikuti kegiatan pagi ini, kedepan diharapkan semakin meluas jangkauan dari manfaat kegiatan pembelajaran literasi khususnya bagi anak usia dini di Kota Denpasar, " imbuh Ny. Antari Jaya Negara.

Kabid Deposit dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Arsip, AA. Sagung Yuli saat ditemui menjelaskan program Literasi Pagi Simpatik Dan Menarik (LIPSTIK) kali ini dilaksanakan memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan yang dirayakan setiap tanggal 14 September. 

"Pagi ini Perpustakaan Taman Janggan dimanfaatkan oleh anak - anak SD Saraswati 2 Denpasar mengikuti kegiatan Literasi Pagi Simpatik Dan Menarik melalui mendongeng dengan media origami (seni melipat kertas)," jelasnya.

Keberadaan Perpustakaan Taman Janggan yang menyediakan berbagai permainan edukasi dan buku bagi anak ini, kata Sagung Yuli, dapat diakses oleh masyarakat secara gratis dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat dan sekolah - sekolah untuk berkegiatan. 

"Terimakasih atas kunjungan Bunda Literasi Kota Denpasar,  bersama Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, menyapa kegiatan kami pagi ini. Hal ini akan membawa semangat bagi dunia literasi di Kota Denpasar," tuturnya 

Sementara, salah satu orangtua siswa, Sherly mengaku sangat antusias mengajak anaknya mengikuti kegiatan Literasi Pagi Simpatik Dan Menarik. 

"Tentu sebagai orangtua berharap semakin banyak lagi digelar kegiatan pembelajaran literasi bagi tumbuh kembang anak di Kota Denpasar,"  ujarnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar