Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kelurahan Panjer Gelar Pendataan Penduduk Nonpermanen

Kelurahan Panjer melakukan pendataan penduduk nonpermanen pada Selasa (20/8) malam di tiga lokasi, yakni Lingkungan Kaja, Lingkungan Sasih, dan Lingkungan Kertasari. (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Kelurahan Panjer melakukan pendataan penduduk nonpermanen pada Selasa (20/8) malam di tiga lokasi, yakni Lingkungan Kaja, Lingkungan Sasih, dan Lingkungan Kertasari. Pendataan ini dilakukan untuk menjaga situasi wilayah tetap kondusif, dengan fokus utama memberikan pembinaan kepada penduduk nonpermanen. Di samping itu mengedukasi penduduk nonpermanen mengenai pentingnya memiliki surat penduduk nonpermanen.

Lurah Panjer I Putu Budi Ari Wibawa menyatakan, pendataan penduduk nonpermanen kali ini menyasar tiga wilayah lingkungan di Kelurahan Panjer. Hal ini juga mengingat kesadaran penduduk nonpermanen untuk memiliki identitas resmi masih sangat rendah, sehingga giat malam ini juga dilakukan langkah sosialisasi tentang penduduk nonpermanen.

“Kita ketahui bahwa saat ini kesadaran untuk memiliki identitas sebagai penduduk nonpermanen sangatlah rendah, kecuali memang ada urusan administrasi yang memerlukan dokumen tersebut barulah mereka datang ke kantor kelurahan untuk mengurus,” ungkap Ari Budi.

Baca Juga: Kader Posyandu Diminta Ikut Edukasi Masyarakat Jaga Kesehatan Gigi

Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran penduduk nonpermanen, Kelurahan Panjer rutin melakukan sosialisasi saat melaksanakan pendataan. Dalam kegiatan ini, petugas juga menempelkan stiker Portal “Gandari” di rumah-rumah kos. Portal ini merupakan layanan mandiri dan kanal pengaduan yang disediakan oleh Kelurahan Panjer.

“Dari hasil pendataan yang dilakukan, tercatat 92 orang belum memiliki surat penduduk nonpermanen. Kegiatan ini diikuti oleh Lurah Panjer, aparatur kelurahan, para kepala lingkungan (kaling), Linmas, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas,” ujarnya sembari mengharapkan, penduduk nonpermanen yang tinggal di wilayah Kelurahan Panjer bisa melaporkan diri di kepala lingkungan tempatnya tinggal. (Pbm2)


TAGS :

Komentar