Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Megafest III Dibuka, Sekda Adi Arnawa Sebut Pura Taman Ayun Sebagai Destinasi Pariwisata

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa membuka Acara Mengwi Ganjur Festival III tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Desa Mengwi bertempat di Jaba Tengah Pura Taman Ayun, Desa Mengwi, Sabtu (3/8). (foto/hms)

Badung, PorosBali.com- Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa membuka Acara Mengwi Ganjur Festival (Megafest) III tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Desa Mengwi bertempat di Jaba Tengah Pura Taman Ayun, Desa Mengwi, Sabtu (3/8). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Sekaa Teruna di Desa Mengwi dan berlangsung sampai dengan tanggal 4 Agustus.

Turut juga hadir pada kesempatan ini, Penglingsir Puri Ageng Mengwi sekaligus anggota DPD RI AA. Gede Agung, Sekretaris Camat Mengwi Mengwi Ida Bagus Suryana beserta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Bendesa Adat Desa Mengwi Ida Bagus Oka, dan Ketua BPD Mengwi I Made Sudiarta.

Pada kesempatan ini Sekda Adi Arnawa juga menyerahkan bantuan dana dari Kesra Badung sebesar Rp. 30 juta yang diterima langsung oleh Ketua Panitia I Ketut Gede Mardika dan disaksikan oleh seluruh undangan dan masyarakat yang hadir.

Sekda Adi Arnawa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Desa Mengwi yang telah menyelenggarakan acara ini. Dijelaskan acara ini mencerminkan komitmen Desa Mengwi dalam menjaga serta melestarikan seni, adat dan budaya Bali. Dirinya juga menyampaikan adanya acara ini juga menambah pesona dari Pura Taman Ayun yang sebagai destinasi pariwisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Acara ini juga bukan hanya untuk menyaksikan para Sekaa Teruna tampil, tetapi juga untuk menjaga soliditas dan kebersamaan masyarakat Desa Mengwi. Semoga dengan adanya acara ini, bisa menginspirasi desa-desa yang ada di Kabupaten Badung untuk membuat acara seperti ini guna menarik minat wisatawan untuk datang ke Bali khususnya di Badung,” ujarnya.

Perbekel Mengwi I Nyoman Suwarjana dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para sekaa teruna dan seniman yang telah mengikuti pembinaan hingga hari pementasan ini. Dijelaskan pula bahwa kegiatan ini juga menjadi ajang persiapan untuk nantinya para sekaa teruna ataupun seniman yang ada di Desa Mengwi dalam mengikuti perlombaan tingkat kecamatan maupun hingga ke tingkat kabupaten.

Baca Juga: Bupati Giri Prasta Apresiasi Krama Adat Tohjiwa Gelar Karya Pitra Yadnya dan Manusa Yadnya

“Setelah sebelumnya MEGAFEST II sudah terselenggara dengan nyaman aman dan lancar, dimana juga hasil dari kegiatan tahun lalu telah menumbuhkan seniman yang telah mewakili Desa Mengwi ke tingkat Kabupaten dan mendapat Juara I. Kedepannya bukan hanya Seni Baleganjur, tetapi juga akan ada Seni Tari yang akan dibina dan lombakan,” ungkapnya.

Ketua Panitia I Ketut Gede Mardika dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah menumbuhkan dan meningkatkan untuk rasa persaudaraan serta persatuan antar Sekaa Teruna se-Desa Mengwi serta melestarikan seni dan budaya, khususnya tabuh baleganjur serta memberikan ruang dan waktu kepada para seniman muda Desa Mengwi untuk mengembangkan diri dan berbagi ilmu khususnya di bidang seni tabuh kepada para pemuda Desa Mengwi

“Kegiatan ini mengambil tema "Mangueng" secara harafiah kata Mangueng tidak mempunyai arti khusus, namun kata Mangueng umum diucapkan untuk sesuatu yang lebih kuat dari yang kuat, lebih hebat dari yang hebat. Adapun segala biaya yang dikeluarkan dari pelaksanaan kegiatan ini seluruhnya dibebankan pada APBDes Desa Mengwi tahun anggaran 2024 dan kepada para peserta diberikan dana motivasi pembinaan dan piagam penghargaan,” jelasnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar