Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Walikota Jaya Negara Hadiri Malam Apresiasi Hari Koperasi Ke-77 di Kota Denpasar

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Malam Apresiasi Hari Koperasi ke-77 Kota Denpasar, Minggu (28/7). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Malam Apresiasi Hari Koperasi ke-77 Kota Denpasar yang sekaligus dirangkaikan dengan Peluncuran Koperasi Jasa Gensi (Generasi Koperasi) Tunas Bangsa di Gedung Dharma Negara Alaya, Minggu (28/7).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua Komisi 3 DPRD Kota Denpasar Eko Supriadi, Ketua Dekopinda Kota Denpasar I Nyoman Sudarsa serta undangan lainnya.

Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara menyampaikan, koperasi sebagai pilar utama ekonomi kerakyatan, telah berperan signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan dalam masyarakat. “Dengan tema peringatan tahun ini, koperasi sebagai ekosistem untuk konsolidasi, akselerasi dan eskalasi ekonomi mikro dan kecil, mencerminkan tekad dan komitmen kita untuk memperkuat peran koperasi dalam mewujudkan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Walikota.

Lebih lanjut disampaikan di Kota Denpasar, koperasi telah menunjukkan kontribusi yang luar biasa dalam berbagai sektor. Mereka telah menjadi motor penggerak perekonomian lokal, menyediakan lapangan kerja, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kota Denpasar untuk terus berpartisipasi menjadi anggota koperasi dalam rangka mendukung dan mempererat gerakan koperasi. Mari kita bersama-sama meningkqtkan kualitas sumber daya manusia, mengembangkan teknologi informasi, dan menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat mengangkat kinerja koperasi kita,” pungkasnya.

Baca Juga: Peringati Hari Koperasi Ke-77, Pemkot dan Dekopinda Gelar Jalan Sehat dan Donor Darah

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar Dr. I Dewa Made Agung mengatakan, Dinas Koperasi UMKM Kota Denpasar melakukan beberapa inisiatif sebagai “Formula Baru” untuk memberikan pembinaan koperasi dalam rangka penguatan dan modernisasi Koperasi dan UMKM. Di antaranya Pendampingan dan Konsultasi, Pelatihan dan Workshop, Pembinaan Organisasi Koperasi, Akses Pembiayaan, Promosi dan Pemasaran, Penguatan Jaringan dan pengembangan UMKM dan koperasi secara keseluruhan.

“Di samping itu, langkah untuk melakukan modernisasi koperasi yang kami lakukan adalah dengan mengadakan Bisnis Matching I Do (Index Digital Koperasi). I Do
kami anggap bersedia untuk melakukan transformasi ke digital. Pada kegiatan tersebut kami mempertemukan start up ataupun perusahaan software dengan koperasi, kami melakukan perangkingan koperasi yang sudah bertransformasi ke digital dengan mengadakan penilaian Index Digital Koperasi,” tuturnya.

Tak hanya itu, penguatan dalam rangka membentuk koperasi modern juga diperlukan, dengan tujuan adalah untuk cepat tanggap dalam mengetahui kelemahan dan kekurangan yang terdapat dalam koperasi.

Lebih lanjut dikatakan kedepannya untuk semakin meningkatkan minat kewirausahaan pada anak muda membuat kami menciptakan inkubator bisnis dengan nama Pusaka Denpasar Colab yang berarti Pelaku Usaha dan Koperasi, Colab (Colaboration, Hub), dan Laboratorium akan digunakan sebagai wadah untuk mempertemukan mereka yang ingin berwirausaha dengan para pelaku usahanya langsung. (Pbm2)


TAGS :

Komentar