Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabup Suiasa Hadiri Karya Melaspas Alit di Pura Giria Buncing, Desa Adat Kapal

Wabup Ketut Suiasa saat menghadiri upacara Melaspas Alit di Pura Giria Buncing, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung, Rabu (26/6). (foto/hms)

Badung, Porosbali.com- Bertepatan dengan Rahina Buda Cemeng Kelawu, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mewakili Bupati Badung menghadiri upacara Melaspas Alit di Pura Giria Buncing, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung, Rabu (26/6). Turut hadir dalam kesempatan ini anggota DPRD Badung I Made Suwardana, Perwakilan Camat Mengwi serta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Lurah Kapal I Nyoman Adi Setiawan, Bendesa Adat Kapal I Ketut Sudarsana, tokoh masyarakat serta pengempon Pura Giria Buncing Kapal.

Sebagai wujud komitmen dan dukungan Pemerintah Kabupaten Badung, pada kesempatan itu Wabup Suiasa menyerahkan bantuan hibah secara simbolis sebesar Rp. 1,7 miliar lebih yang diterima langsung Kelian Pura Giria Buncing I Ketut Purna dan disaksikan langsung oleh pengempon pura.

Baca Juga: Peringati HANI, Wabup Suiasa: Perkuat Komitmen dan Perteguh Integritas secara Personal

Wakil Bupati Ketut Suiasa dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaan bisa hadir serta menyaksikan upacara Melaspas Alit di Pura Giria Buncing, Desa Adat Kapal. Ia berharap, dengan pelaksanaan upacara ini, Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kerahayuan, kesejahteraan dan kesehatan kepada para pengempon pura. "Dapat diketahui, kehadiran Pemerintah di tengah-tengah masyarakat tidak lain untuk meringankan beban masyarakat seperti membantu pembangunan Pura Giria Buncing Kapal, apalagi ini sudah menjadi komitmen saya selaku Wakil Bupati bersama Bapak Bupati Badung untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat Krama Badung sendiri seperti saat ini masyarakat pengempon Pura Giria Buncing melaksanakan upacara melaspas alit, dan saya selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Badung, ngrastiti upacara ini, Ida Bhatara sesuhunan memberikan waranugraha untuk semua umat, serta diberi kerahayuan dan kelancaran dalam melaksanakan upacara ini dan juga masyarakat pengempon semua agar segilik, seguluk, selulung sebayantaka, gemah ripah loh jinawi," ucap Wabup Suiasa.

Sementara itu Manggala Karya I Made Kartika menyampaikan banyak terima kasih kepada Wabup Suiasa yang telah hadir dan turut mendoakan karya melaspas tersebut. Dalam laporannya, bantuan hibah digunakan untuk pembangunan Utamaning Mandala dan Madyaning Mandala Pura Giria Buncing Kapal. “Kami sampaikan terima kasih tidak terhingga kepada Pemerintah Kabupaten Badung telah membantu melalui dana hibah induk tahun 2024 dan kepada Bapak Wabup Suiasa yang sudah meluangkan waktu untuk hadir sebagai saksi pada acara melaspas Pura Giria Buncing, Desa Adat Kapal. Upacara ini terlaksana setelah rampungnya pembangunan Pura dengan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp 1,7 miliar lebih dan saat ini dilaksanakan upacara Melaspas Alit dan juga dilaksanakan Pujawali di Pura Giria Buncing ini," jelasnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar