Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wawali Arya Wibawa Hadiri Reforma Agraria Summit 2024

Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri Pertemuan Reforma Agraria (RA) Summit Bali 2024 di Hotel The Meru Sanur, Sabtu (15/6) (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Pemerintah Kota Denpasar menerima secara resmi puluhan Sertipikat Tanah Elektronik dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, yang diserahkan langsung secara simbolis oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Agus Harimurti Yudhoyono kepada Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, dalam acara Reforma Agraria Summit 2024 yang di Hotel Meru, Sanur, Sabtu (15/6).

Semua Sertipikat Tanah Elektronik yang telah terbit itu, berjumlah total 31 sertipikat, dan kesemuanya merupakan hasil Pensertifikatan sejumlah tanah bidang dan tanah berupa fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada di Kota Denpasar.

Wawali Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, didampingi Kepala BPKAD Kota Denpasar, Ni Putu Kusumawati bersama Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Denpasar, I Gede Cipta Sudewa Atmaja, yang ditemui usai acara mengatakan,  Kota Denpasar telah dicanangkan sebagai Kota Lengkap oleh Kementerian ATR/BPN. Pensertifikatan lahan milik Pemerintah Kota Denpasar dilakukan dalam rangka pengamanan aset-aset Pemerintah Kota Denpasar agar mendapatkan kepastian hukum.

"Diharapkan setelah aset-aset tersebut disertifikatkan, kepemilikan atas aset-aset tersebut menjadi jelas dan tidak akan ada lagi permasalahan hukum dikemudian hari. Kedepannya semoga dengan kolaborasi yang baik antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Badan Pertanahan/BPN Denpasar maka seluruh aset-aset yg ada baik itu tanah bidang maupun tanah fasilitas sosial dan fasilitas umum semuanya bisa dilakukan pensertifikatannya," ungkap Wawali Arya Wibawa. 

Baca Juga: Pendataan Penduduk Non Permanen di Kelurahan Renon, 47 Orang KTP Luar Bali

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Agus Harimurti Yudhoyono mengungkapkan progres pendaftaran bidang tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) telah mencapai angka 94,4 persen dari target pada 2024. 

"Hingga akhir Mei tahun 2024 ini telah terdaftar 113,3 juta bidang tanah dan 91,7 bidang tanah di antaranya telah bersertifikat. Hasil ini signifikan, telah mencapai 94,4 persen dari target 120 juta bidang tanah pada tahun 2024," kata Menteri Agus Harimurti Yudhoyono. 

Dalam kesempatan itu, dijelaskan pula lebih lanjut oleh Menteri AHY, acara Reforma Agraria Summit 2024 ini sendiri berfokus untuk menyelesaikan kesepakatan persoalan tata ruang yang sudah disetujui oleh sembilan lembaga pada penyelenggaraan Reforma Agraria Summit tahun lalu.

Kesepakatan itu tertuang dalam empat kelompok kerja (pokja) antara lain yakni resolusi penyelesaian legalisasi aset permukaan di atas air, pulau kecil dan pulau terluar, resolusi penyelesaian pertanahan transmigrasi, resolusi penyelesaian konflik agraria pada aset barang milik negara, daerah, BUMN dan BUMD yang dikuasai masyarakat, serta resolusi penyelesaian redistribusi tanah dari pelepasan kawasan hutan. (pbm2)


TAGS :

Komentar