Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sekda Adi Arnawa Buka KONI Badung Sport Tourism 2024

Sekda Adi Arnawa saat pembukaan KONI Badung Sport Tourism (KBST) yang diselenggarakan di Graha Budaya Lotring, Kuta, Badung pada Jumat (14/6). (foto/hms)

Badung, PorosBali.com- Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung, secara resmi membuka acara tahunan KONI Badung Sport Tourism (KBST) yang diselenggarakan di Graha Budaya Lotring, Kecamatan Kuta, Badung, Jumat (14/6) pagi. Acara ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Badung untuk menarik lebih banyak wisatawan melalui sektor olah raga. Event yang diikuti oleh atlet-atlet internasional seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Taiwan serta Indonesia sebagai diikuti oleh atlet dari Sumut, Kaltim, Lampung, Jatim, NTB serta Bali sendiri sebagai tuan rumah.

Adi Arnawa menyatakan apresiasi tinggi terhadap inisiatif KONI Badung dalam menyelenggarakan acara tersebut. Kegiatan yang mempertandingkan 10 cabang olah raga ini menunjukkan komitmen Pemkab Badung melalui KONI Badung untuk menyelenggarakan kegiatan yang dinilai bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bali dan Badung pada khususnya.

Sekda Adi Arnawa menegaskan, komitmen Pemkab Badung dalam menyediakan fasilitas olahraga bertaraf internasional. Dia membeberkan, pihaknya akan menyiapkan venue dan sarana prasarana yang berkelas internasional. Sebab, dia menilai Badung kini sudah go international, sehingga harus didukung pula oleh fasilitas yang memadai. Dengan begitu, kegiatan semacam ini pun bisa menarik ribuan atlet, pendukung, hingga keluarga para atlet untuk datang ke Bali. Adi Arnawa juga berbicara mengenai rencana jangka panjang untuk mengembangkan fasilitas yang mendukung sport tourism.

“Kami sedang mencari lokasi untuk pusat-pusat olah raga. Tidak menutup kemungkinan kami akan mendorong adanya entertainment tourism sekelas Gelora Bung Karno (GBK). Ke depan, Badung harus berpikir untuk membuat stadion yang lebih bagus karena yang datang ke sini mendunia,” ungkapnya.

Baca Juga: Disperinaker Badung Bersama TP PKK Badung Kunjungi TP PKK Kota Palembang

Dia juga melihat potensi besar dalam mengembangkan sport tourism di Badung. Sekda Adi Arnawa berharap dengan kesiapan Badung dalam menyediakan venue bertaraf internasional, Badung bisa menjadi tuan rumah bagi berbagai acara olah raga dunia. Dia juga mengajak semua pihak untuk duduk bersama dan merencanakan event-event yang dapat mendorong pariwisata di Bali dan Badung.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KONI Badung Made Nariana menyatakan, tujuan utama KBST adalah untuk meningkatkan prestasi atlet Badung dan Bali pada umumnya dengan memberikan kesempatan untuk bertanding melawan atlet dari luar Bali dan luar negeri.

“Selain itu, kami ingin membantu meningkatkan kunjungan turis olah raga ke Bali, khususnya para atlet, sehingga industri pariwisata di Badung dan Bali sebagai destinasi dunia semakin berkembang,” ujarnya.

Tahun ini, lanjut Nariana jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di KBST meningkat dari 7 cabor pada tahun lalu menjadi 10 cabor, yaitu Kabaddi, Kriket, Catur, Karate, Selancar Ombak, Selam Kolam, Selam Laut, Taekwondo, Bola Basket 3×3, Breakdance, dan Muaythai. Made Nariana menyatakan tidak menutup kemungkinan untuk menambah jumlah peserta di masa mendatang, tergantung pada anggaran dan kesiapan pengurus cabor terkait.

Turut hadir anggota DPRD Badung I Made Sumerta, Ketua KONI Bali IGN Oka Darmawan, Ketua KONI Badung I Made Nariana, Sekretaris Umum KONI Badung I Made Sutama dan jajaran pengurus KONI Badung, perwakilan OPD Badung, Camat Kuta D. Ngurah Bayudewa, Ketua/Perwakilan KONI Kabupaten/Kota se-Bali serta delegasi dari masing-masing negara peserta KBST. (pbm2)


TAGS :

Komentar