Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tingkatkan Kompetensi dan Kapabilitas, Kwarcab Denpasar Gelar Pitaran Pelatih

Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar menyelenggarakan kegiatan Penyegaran Pelatih Pusdiklatcab Denpasar Tahun 2024 yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 8-9 Juni 2024 bertempat di Bumi Perkemahan I Gusti Ngurah Rai, Margarana, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. (foto/hms)

Tabanan, PorosBali.com- Dalam upaya meningkatkan kapasitas individu maupun dalam kelompok Pelatih sehingga dapat melaksanakan tugas, fungsinya dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepramukaan dengan baik bertanggungjawab dan berhasil guna, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar menyelenggarakan kegiatan Penyegaran Pelatih Pusdiklatcab Denpasar Tahun 2024 yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 8-9 Juni 2024 bertempat di Bumi Perkemahan I Gusti Ngurah Rai, Margarana, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.

Pitaran Pelatih Kwarcab Denpasar 2024 yang mengambil tema "Ikhlas Bakti Bina Bangsa, Ber-Budi Bawa Laksana Dedikasi yang Tulus untuk membangun Bangsa, penuh Kearifan dn Bijaksana", diikuti 26 orang Pelatih Pramuka Kwarcab Denpasar yang sudah mengantongi ijazah KPD (Kursus Pelatih Dasar) dan KPL (Kursus Pelatih Lanjutan).

Ir. Putu Ngurah Sonny Sanjaya, Pemimpin Kursus (Pinsus) dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa Pitaran Pelatih merupakan wadah peningkatan kualitas dan pemutakhiran wawasan pelatih terkait perkembangan kepramukaan di tingkat dunia WOSM dengan tujuan kegiatan; 1). Menambah informasi, pengetahuan dan kecakapan pelatih; 2). Peningkatan kompetensi pelatih untuk meningkatkan kualitas diri, memperkaya pengetahuan dan pemahaman tentang kepramukaan.

Sonny Sanjaya menambahkan, Pitaran Pelatih Kwarcab Denpasar ini diharapkan mampu memberikan wadah bertukar pengalaman dan meningkatkan wawasan pengetahuan serta pemahaman melalui informasi-informasi terkini yang relevan dalam peningkatan SDM, Tata kelola organisasi dan Tata kelola kegiatan pendidikan dan kepelatihan kepramukaan.

Baca Juga: Walikota Jaya Negara Kembali Serahkan Bantuan Sosial Pasca Bencana 

Sementara itu, Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar Dr. I Gusti Lanang Jelantik, M.Si dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung penyelenggaraan Pitaran Pelatih di Kwarcab Denpasar.

Lanang Jelantik berharap melalui penyelenggaraan Pitaran Pelatih, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kepramukaan menjadi garda terdepan sekaligus wahana inti bagi Gerakan Pramuka (dalam hal ini kwartir) untuk menjalankan Pendidikan Kepramukaan guna mewujudkan tujuan Gerakan Pramuka dan melaksanakan amanat undang-undang melalui para Pelatih Pusdiklat yang memiliki kompetensi dan kapabilitas mumpuni.

"Kita ingin Pelatih yang profesional dan kompeten dalam menjalankan pendidikan kepramukaan di Denpasar. Kolaborasi antarsesama Pelatih sangat diperlukan, bersatu padu dibawah bendera Kepanduan," tegas Lanang Jelantik.

Dirinya mengatakan, saat ini Kwarcab Denpasar tengah fokus pada pembinaan calon pembina Pramuka melalui penyelenggaraan Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML) dalam waktu dekat. Sambil melihat potensi pembina yang sudah berkualifikasi KML untuk dirangkul dan dikirim mengikuti Kursus Pelatih Dasar (KPD) guna menambah jumlah Pelatih dan ikut membangun Kwarcab Denpasar menjadi lebih baik lagi. (pbm2)


TAGS :

Komentar