Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dewa Made Indra Sampaikan Pentingnya Digitalisasi Pendidikan

Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri Lokakarya Google Education “Cara Baru untuk Belajar” pada Rabu (5/6) pagi di Harris Hotel Sunset Road, Denpasar. (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Digitalisasi di bidang pendidikan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut disampaikan oleh Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra saat menghadiri Lokakarya Google Education “Cara Baru untuk Belajar” pada Rabu (5/6) pagi di Harris Hotel Sunset Road, Denpasar.

Ia menyampaikan, digitalisasi pendidikan walau hanya bagian dari digitalisasi kehidupan namun memiliki peran yang sangat penting dan signifikan. “Digitalisasi pendidikan memiliki peranan yang amat sangat penting. Karena di pendidikanlah kita memulai semuanya,” jelas Dewa Made Indra.

Menurutnya, manusia tidak dapat menghindari digitalisasi yang berkembang di berbagai bidang kehidupan. Mau tidak mau, suka tidak suka, masyarakat harus ikut dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi yang ada termasuk di bidang pendidikan. “Kalau tidak dimulai sekarang, pendidikan kita akan tertinggal jauh,” katanya.

Dewa Made Indra tidak menampik bahwa masih terdapat tantangan dalam mengembangkan pendidikan berbasis digital di sekolah-sekolah di Bali seperti akses internet yang tidak memadai, kemampuan guru yang minim, sistem penganggaran serta resistensi orang tua terhadap digitalisasi. Namun bukan berarti digitalisasi pendidikan tidak dapat dilakukan. Menurutnya, pendidikan berbasis digital dapat dimulai di daerah-daerah dengan infrastruktur digital yg telah memadai seperti sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Badung maupun Kota Denpasar.

Baca Juga: KPK RI Adopsi Aplikasi “SIMATA” Pemprov Bali untuk Rekrutmen JPT di Lingkungan KPK

Sementara itu ia menyambut baik pelaksanaan Lokakarya Google Education “Cara Baru Untuk Belajar”. Ia menilai kehadiran google education sangat membantu dalam membangun ekosistem pembelajaran di Indonesia khususnya di Bali. “Ini sesuatu yang sangat baik jadi kita harus punya semangat untuk membawa sekolah kita menuju ke sini. Kita harus memahami betul bahwa dengan masuk ke sistem digital ini, anak-anak kita akan mendapat dua substansi sekaligus. Pertama substansi terkait pelajaran yang mereka pelajari dan kedua, pada saat yg sama siswa juga akan mendapat substansi digital karena proses pembelajarannya dilakukan secara digital,” jelasnya.

Lokakarya Google Education “Cara Baru Untuk Belajar” dihadiri kepala daerah, perwakilan dari Kemendikbud Ristek RI serta jajaran Dinas Pendidikan di level Provinsi dan Kabupaten/Kota. Lokakarya ini bertujuan untuk mendorong optimalisasi pemanfaatan teknologi pendidikan khususnya penggunaan perangkat chromebook dan akun pembelajaran nasional belajar.id dengan mengajak para pembuat kebijakan pendidikan merasakan pengalaman pembelajaran digital. (pbm1)


TAGS :

Komentar