Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

FT Unmas Denpasar Gelar "Tedung", Dekan Sastra Wibawa: Masyarakat Termanjakan Terkait Sampah

Foto Bersama Peserta Tedung FT Unmas Denpasar. (foto/Pbm)

Denpasar, PorosBali.com- Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati (FT Unmas) Denpasar kembali melaksanakan bakti sosial (baksos) berupa penyemprotan eco enzyme di lingkungan kampus setempat di Jalan Rabu (5/6/2024). Penyemprotan eco enzyme ini merupakan kegiatan "Tedung" atau Teknik Peduli Lingkungan serangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Tidak hanya penyemprotan eco enzyme, kegiatan ini juga diisi pembersihan sampah yang melibatkan mahasiswa dan dosen FT Unmas Denpasar menyasar lingkungan TK Saraswati 1 Denpasar, SD Saraswati 1 Denpasar, SD Saraswati 2 Denpasar, SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar, SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, Rektorat Unmas Denpasar, SMK Saraswati 1 Denpasar, SMA (SLUA) 1 Denpasar dan RSGM Saraswai Denpasar.  

"Kegiatan ini merupakan komitmen kita secara konsisten dengan nama Tedung atau Teknik Peduli Lingkungan yang bertujuan turut menjaga lingkungan agar bersih dan sehat," ujar Dekan FT Unmas Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg., IPM., ASEAN Eng saat memberi sambutan sebelum kegiatan dimulai.

Baca juga: Peduli Lingkungan, FT Unmas Denpasar Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme

Sastra Wibawa mengatakan baksos ini dilaksanakan di lingkungan internal kampus lantaran saat ini kegiatan kampus yang yang sangat padat. Untuk itu, pihaknya mengadopsi istilah "Padma Kuncup" yang dimaksudkan ketika Padma itu kuncup maka kegiatan dilaksanakan di seputar lingkungan kampus. Namun ketika kegiatan kampus sudah tidak padat lagi maka disebut "Padma Kembang" yang mana baksos dilaksanakan ke luar lingkungan kampus. 

Dekan FT Unmas Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg., IPM., ASEAN Eng

 

 

"Yang sering sering kita lakukan yaitu ke desa-desa, ke pantai dan lainnya," sambungnya seraya mengatakan pembersihan sampah dilaksanakan secara dipilah terlebih dahulu. Menurutnya penanganan sampah yang paling utama adalah pemilahan kemudian dikelola. 

Pemilahan sampah, ungkap Sastra Wibawa, ini terkait dengan kebijakan Gubernur Bali (Wayan Koster-red) bahwa sampah itu pengelolaannya berbasis sumber. 

"Sampah-sampah yang kita pungut ini kita pilah. Mana yang digunakan untuk eco enzyme dan mana yang tidak digunakan. Jika tidak digunakan maka sampah itu kita komposting. Kita masukkan ke dalam biopori nanti kita angkat menjadi pupuk organik cair,' jelasnya.

Baca juga: Lepas 23 Calon Sarjana, FT Unmas Denpasar Wujudkan Lulusan Ahli Rekayasa

Lebih lanjut Sastra Wibawa mengungkapkan untuk penyemprotan larutan eco enzyme yang merupakan larutan multifungsi dengan harapan zat-zat yang mengotori udara seperti virus dan bakteri akan mati. 

"Dengan menyemprotkan larutan eco enzyme sehingga atmosfer kita akan menjadi bersih. Intinya bagaimana kita mengelola sampah dan menjaga lingkungan," terangnya.

Penyemprotan eco enzyme di lingkungan kampus

 

 

Sastra Wibawa juga menyinggung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung yang sudah "overload" bahkan menimbulkan terjadinya kebakaran, ini lantaran sampah organik yang mengeluarkan gas metan. "Sedikit saja tersulut puntung rokok akan cepat terjadi kebakaran. Oleh karena itu maka perlu pemilahan sampah dari sumbernya. Boleh dikatakan masyarakat kita termanjakan karena sampahnya ditaruh di depan rumah dan diangkut oleh truk sampah tanpa ada pemilahan terlebih dahulu, " katanya.

Untuk itu ia sangat mendukung langkah Gubernur Bali (Wayan Koster, red) melalui kebijakan pengelolaan sampah dari sumbernya bertujuan mendidik masyarakat. Dengan demikian selanjutnya pengolahan sampah akan menjadi lebih mudah. 

"Kini pengelolaan sampah di banjar-banjar sudah melibatkan anak muda seperti sekaa teruna dan ibu-ibu PKK yang mengelola bank sampah untuk sampah un-organiknya atau sampah plastiknya. Di sini ada nilai ekonomis dari pengelolaan sampah plastik yang dilakukan termasuk bisa ditukarkan dengan sembako," ujarnya.

Pembersihan sampah yang melibatkan mahasiswa dan dosen FT Unmas Denpasar 

 

 

Jika pemerintah serius, Sastra Wibawa optimis penanganan sampah bisa seperti di Singapura dan Jepang dimana sampah langsung dikelola lalu menghasilkan energi listrik. 

"Pemerintah harus serius. Pemerintah sudah studi banding ke Singapura, ke Jepang. Tirulah itu. Memang biaya tinggi tapi saya yakin bisa karena sampah itu akhirnya akan menghasilkan uang, menghasilkan energi listrik. Misalnya TPA Suwung sekarang mestinya di sana ditaruh mesin, buat pabrik untuk pengolahan sampah sehingga akan menghasilkan listrik. Itu kan lumayan. Memang perlu waktu, dana dan tenaga. Namun kalau pemerintah mau modern, lebih canggih teknologinya maka sampah akan menghasilkan energi listrik," pungkas Sastra Wibawa. (pbm5) 

 


TAGS :

Komentar