Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Badung

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menjadi Inspektur Upacara saat Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Puspem Badung, Sabtu (1/6).

Badung, PorosBali.com- Selaku Inspektur Upacara, Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa memimpin Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala, Sabtu (1/6). Apel Hari Lahir Pancasila diikuti peserta dari siswa-siswi SMP dan SMA di Kabupaten Badung, para pegawai di lingkungan Pemkab Badung, TNI/Polri serta dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Badung, pimpinan DPRD Badung dan para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung.

Ditemui seusai upacara, Sekda Adi Arnawa menyampaikan, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah momentum yang sangat bersejarah, tidak saja diperingati dalam bentuk upacara seremonial tetapi yang paling penting adalah semangat yang harus dikobarkan kepada seluruh masyarakat Indonesia sehingga memahami bahwa lahirnya Pancasila itu sangat penting di tengah-tengah keanekaragaman yang terdiri atas berbagai suku, adat, budaya dan agama. Lahirnya Pancasila ini sebagai perekat, pemersatu yang bermuara pada Bhineka Tunggal Ika.

Baca Juga: Wabup Suiasa Hadiri Grand Final Pemilihan Duta Pariwisata Badung 2024

“Kita perlu terus mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara. Selain itu Pancasila adalah sebagai landasan ideologi bangsa dan negara serta Pancasila adalah sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan bermasyarakat dan bernegara, karena di dalamnya terkandung nilai-nilai Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan nilai keadilan sosial. Di samping itu juga Pancasila adalah sebagai landasan pembangunan dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045, sebagaimana tema dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini yakni Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya. (pbm2)


TAGS :

Komentar