Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Berpotensi Munculkan Gangguan Kamtibmas, Polisi Tertibkan ABK di Benoa

Polisi tengah menertibkan para anak buah kapal (ABK) yang sering nongkrong sambil minum miras di ruas jalan di Pelabuhan Benoa Denpasar. (foto/Polresta)

Denpasar, PorosBali.com- Banyaknya anak buah kapal (ABK) perikanan dari berbagai perusahaan masih belum berangkat ke laut untuk menangkap ikan dirasa menjadi masalah tersendiri jika tidak dilakukan pengawasan dan penertiban selama di darat. Para ABK tersebut sering dijumpai nongkrong secara berkelompok khususnya di Jalan Ikan Tuna II dan sepanjang dermaga barat Pelabuhan Benoa sambil mengkomsumsi minuman keras seperti arak sehingga sering menimbulkan gangguan kamtibmas.

Hal ini dijelaskan Pawas Polsek Benoa Polresta Denpasar, AKP I Putu Suta, dalam keterangan tertulisnya Rabu (29/5/2024) di Pelabuhan Benoa, Denpasar.

“Para ABK tersebut sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas apabila tidak kita lakukan pengawasan, imbauan dan penertiban terhadap kegiatan mereka selama berada di darat. Kejadian gangguan kamtibmas selama ini selalu ada irisannya dengan ABK,” jelasnya.

Baca Juga: Kepolisian Lakukan Mediasi Terkait Video Viral Perkelahian di Pantai Kuta

Selanjutnya, Kapolsek Benoa Kompol I Wayan Sueca menyampaikan, permasalahan ABK di pelabuhan sering menjadi sumber gangguan kamtibmas mempunyai keunikan tersendiri. Para ABK umumnya masih muda, pendidikan kurang dan datang dari berbagai suku dan daerah berbeda yang tentu karakternya berbeda-beda.

Berbagai langkah dan upaya telah dilakukan demi menjaga dan merawat kondusivitas kamtibmas di Pelabuhan Benoa seperti mengumpulkan para pengurus kapal, penyalur atau suplayer ABK untuk diberikan arahan agar ikut bertanggung jawab menjaga tingkah laku dan aktivitas para ABK-nya masing-masing.

“Kami berharap seluruh pihak ikut menjaga kamtibmas di kawasan Pelabuhan Benoa dengan cara menaati semua aturan yang ada. Kami sebagai leading sector keamanan akan selalu turun setiap saat melalui patroli rutin, dialogis, sambang untuk menyampaikan pesan pesan kamtibmas,” tutupnya. (pbm4)


TAGS :

Komentar