Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Melalui Gerai Pasar Murah Sewaka Jaya, Pemkot Denpasar Tekan Angka Inflasi

Pelaksanaan Gerai Pasar Murah Sewaka Jaya, Unit Usaha Perumda Pasar Sewakadarma yang dilaksanakan, Jumat (17/5) di Plaza Pasar Badung, Kota Denpasar. (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Menekan angka inflasi gencar dilaksanakan Pemkot Denpasar. Melalui gerai Sewaka Jaya, Unit Usaha Perumda Pasar Sewakadarma, Pemkot Denpasar menggelar pasar murah, Jumat (17/5) di Plaza Pasar Badung, Kota Denpasar.

Pelaksanaan pasar murah telah ditunggu masyarakat yang datang berkunjung ke Pasar Badung. Kebutuhan pokok dari beras, bumbu dapur, sayur-mayur, telor ayam merah, daging ayam, hingga minyak goreng dapat dibeli masyarakat di Pasar Murah Sewaka Jaya dengan harga lebih terjangkau.

“Kami selaku Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Kota Denpsar menggelar pasar murah untuk memberikan akses kepada konsumen dalam membeli bahan pokok dengan harga yang lebih terjangkau, membantu mencegah lonjakan harga yang berlebihan,” ujar Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Ida Bagus Kompyang Wiranata di sela-sela kegiatan Pasar Murah Sewaka Jaya.

Lebih lanjut Ida Bagus Kompyang Wiranata menyampaikan, dengan menawarkan barang-barang konsumsi pokok dengan harga terjangkau, pasar murah dapat membantu menciptakan stabilitas dalam penawaran dan permintaan, mengurangi fluktuasi harga yang tajam. Pasar murah dapat memicu persaingan antara pedagang, mendorong mereka untuk menawarkan harga yang lebih kompetitif, yang pada gilirannya dapat membantu mengendalikan harga di pasar secara keseluruhan.

“Dengan memungkinkan masyarakat membeli barang-barang kebutuhan dasar dengan harga yang lebih rendah, pasar murah dapat meningkatkan daya beli masyarakat, yang pada gilirannya dapat mengurangi tekanan inflasi. Secara keseluruhan, tujuan dari menggelar pasar murah adalah untuk membantu menstabilkan harga-harga bahan pokok dan mengurangi tekanan inflasi, sambil memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar dengan lebih terjangkau,” ujarnya.

Baca Juga: Wawali Arya Wibawa Buka BRI REI Expo Bali

Ditambahkan pula, harga bahan pokok di pasar murah Sewaka Jaya telah disubsidi Rp 5000 per kg. Seperti harga daging ayam ras 1 kg di pasar murah dijual Rp 35.000, telur ayam 1 krat Rp 43 .000, minyak goreng Rp 15.000, beras Pertiwi Rp 69.000, dan beras SPHP Rp 57.000. Untuk harga bumbu dapur dari kisaran harga Rp 35.000 hingga Rp 55.000. “Tentu harga di Pasar Murah Sewaka Jaya lebih terjangkau dari harga di pasaran,” ujarnya.

Salah satu pengunjung Pasar Murah Sewaka Jaya, Made Sudiada menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan pasar murah ini. “Sangat membantu pelaksanaan pasar murah ini, terlebih dalam situasi harga bahan pokok yang mengalami kenaikan, semoga ini dapat terus berlanjut,” ujar Made Sudiada. (pbm2)


TAGS :

Komentar