Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Peserta Utsawa Dharma Gita Duta Denpasar Dilepas, Ikuti Seluruh Kategori Perlombaan

Duta Kota Denpasar dalam Lomba Utsawa Dharma Gita Provinsi Bali dilepas secara resmi Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, di Pura Agung Lokanatha, Lumintang Denpasar, Kamis (31/8).

Denpasar, PorosBali.com-  Duta Kota Denpasar dalam Lomba Utsawa Dharma Gita Provinsi Bali dilepas secara resmi Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, di Pura Agung Lokanatha, Lumintang Denpasar, Kamis (31/8). Pelepasan ini dilakanakan dengan memohon restu dengan bersembahyang bersama. Hadir dalam kesempatan ini Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Widyasaba se-Kota Denpasar, dan para peserta dari Duta Kota Denpasar.

Kota Denpasar menerjunkan 56 orang peserta dan mengikuti keseluruhan kategori perlombaan Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Bali yang akan berlangsung dari tanggal 4-7 September 2023 di Taman Budaya, Art Centre Denpasar.

Dalam kesempatan teserbut Sekda Alit Wiradana mewakili Walikota Denpasar menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat berlomba kepada seluruh duta Kota Denpasar. “Selamat dan sukses mengikuti perlombaan Utsawa Dharma Gita tingkat Provinsi Bali, semoga harapan kita bersama dapat meraih juara umum tahun ini bisa tercapai,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, Utsawa Dharma Gita merupakan wadah pengembangan kepribadian terutama bagi generasi muda. Usai ajang perlombaan ini dapat terus dilakukan pembinaan-pembinaan untuk menghasilkan generasi dalam pelestarian kesusasteraan Bali. “Diharapkan bagi para peserta, sebelum berlomba agar memahami kriteria lomba untuk dijadikan standardisasi dan menetapkan tujuan sehingga bisa dirumuskan strategi berupa keterampilan dan teknik berlomba,” ujarnya.

Baca juga: Wagub Cok Ace: Bali Interfood 2023 Momentum UMKM Bali Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Produk

Ketua Widyasaba Kota Denpasar Wayan Suarta Wijaya menyampaikan Duta Utsawa Dharma Gita Kota Denpasar telah siap mengikuti perlombaan Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Bali dengan melibatkan 56 peserta dan mengikuti seluruh kategori perlombaan.

Adapun materi yang dilombakan yakni membaca Sloka Anak-anak Putra dan Putri, membaca Sloka Remaja Putra dan Putri, membaca Sloka Dewasa Putra dan Putri, membaca Palawakya Remaja Putra dan Putri, membaca Palawakya Dewas Putra dan Putri, membaca kekawin Remaja Putra dan Putri, membaca Kekawin Dewasa, nyanyian keagamaan, dan Dharmawacana Berbahasa Bali Anak Putra dan Putri.

Selanjutnya, Dharmawacana Remaja Putra dan Putri, Dharmawecana Bahasa Bali Dewa Putra dan Putri, Dharmawecana Remaja Putra dan Putri, Dharmawecana Berbahasa Inggris Dewasa Putra dan Putri, Dharma Wiwada (debat), menghafal Seloka Anak-anak Putra dan Putri, menghafal Seloka Remaja Putra dan Putri, menghafal Seloka Dewasa Putra dan Putri, membaca Geguritan Anak-anak Putra dan Putri, Kidung Dewasa Campuran.

Dikatakannya, persiapan berupa pembinaan dan pelatihan telah berlangsung di Dinas Kebudayaan Kota Denpasar sejak jauh hari sebelumnya. Diharapkan Duta Denpasar dalam ajang Lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Bali dapat memberikan yang terbakk dan meraih juara umum tahun ini. “Total duta kota Denpasar semua berjumlah 56 orang terdiri atas 28 orang putra, 28 orang putri, dengan Pembina Widyasabha Kota Denpasar seluruhnya berjumlah 28 orang,” ujarnya. (pbm2)

 


TAGS :

Komentar