Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Peringatan Tumpek Wariga, Pemkot dan Pemprov Bali Sembahyang Bersama di Pura Candi Narmada

Asisten I Sekda Provinsi Bali, I Gede  Indra Dewa  Putra mewakili Gubernur Bali, Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Forkopimda Provinsi Bali dan Kota Denpasar menghadiri peringatan Tumpek Wariga di Pura Candi Narmada. (Foto/ist)

Denpasar, PorosBali.com- Peringatan Tumpek Wariga sesuai  dengan instruksi Gubernur Bali, tentang Tata-titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-nilai Kearifan Lokal Bali pada Sabtu (10/12) dipusatkan di Pura Candi Narmada Tanah Kilap, Pemogan Kecamatan Denpasar Selatan.

Hadir dalam peringatan Tumpek Wariga kali ini Asisten I Sekda Provinsi Bali, I Gede  Indra Dewa  Putra mewakili Gubernur Bali, Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Forkopimda Provinsi Bali dan Kota Denpasar, serta kepala OPD terkait Provinsi Bali dan Kota Denpasar. Pelaksanaan persembahyangan dipimpin Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa Putra Keniten, Grya Sari Tegal Gede Denpasar.
Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana mewakili Walikota Denpasar saat ditemui usai persembahyangan bersama menyampaikan perayaan Hari Raya Tumpek Wariga ini sesuai surat edaran Gubernur Bali dalam melestarikan tanaman yang produktif atau _Sarwa Tumuwuh_ Disamping itu bersinergi secara gotong royong melaksanakan nilai-nilai adiluhung Wana Kerthi sesuai Tata-titi Kehidupan Masyarakat Bali dengan tertib, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab. Tumpek Wariga jatuh pada setiap  Saniscara Kliwon Wariga atau 25 hari sebelum Hari Suci Galungan. Tumpek Wariga identik dengan upacara memuliakan tumbuh-tumbuhan yang memberikan penghidupan umat manusia termasuk hewan. Upacara ini juga merupakan  rangakaian dari hari raya menjelang hari Suci Galungan dan Kuningan dengan harapan pohon atau tumbuhan dapat tumbuh subur dan berbuah. "Persembahyangan bersama  dilaksanakan bersama Pemerintah Provinsi Bali,  sebagai pengejawantahan spirit Vasudaiva Kutumbakam  memohon Waranugraha Ida Shang Hyang Widhi Wasa," ujar Alit Wiradana
Sementara Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Surya Antara selaku panitia  menyampaikan kegiatan terkait Rainan Tumpek Wariga diawali dengan memuja oleh Ida Pedanda, dan dilanjutkan seluruh pimpinan Pemkot Denpasar dan Pemprov Bali serta pimpinan OPD menghaturkan banten bubur ke tanaman sarwa Tumuwuh, sekitar Pura Candi Narmada, di Selatan Pura dari Timur ke Barat. "Usai persembahyangan bersama dilanjutkan dengan menghaturkan sesajen bubur kepada tumbuh-tumbuhan dengan memohon harapan tumbuh-tumbuhan memberikan kesejahteraan kepada kita semua," ujarnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar