Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sagung Shanti Sari Dewi sebut SENASTEK IX Unud Ajang Tukar Informasi Para Peneliti

Sagung Shanti Sari Dewi sebut SENASTEK IX Unud Ajang Tukar Informasi Para Peneliti

Badung, PorosBali.com- pada kegiatan SENASTEK IX Universitas Udayana 2022, Anak Agung Sagung Shanti Sari Dewi, S.S.,M.Hum, M.App.Ling. mengungkapkan ketertarikannya dalam mengulas topik penelitian mengenai lanskap linguistik, dengan mengangkat judul penelitian Dominasi Bahasa Pada Tanda Luar Ruang: Cerminan Situasi Kebahasaan Masyarakat Urban Denpasar dan Badung.

Penelitian ini berfokus pada tingkat penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan masyarakat Bali, khususnya di daerah Denpasar dan Badung sehingga indikasi pergeseran bahasa di lingkungan masyarakat bisa di amati lebih intensif lagi. Sagung juga menuturkan, penelitian yang telah dilakukan ini tentu bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu terkait, terlebih lagi di zaman globalisasi sekarang ini penggunaan bahasa asing di lingkungan masyarakat memang tidak bisa dibendung lagi. Kendati demikian, melalui output penelitian ini diharapkan masyarakat akan bisa lebih mencintai lagi penggunaan bahasa Indonesia tidak hanya dalam keseharian namun juga pada bidang lanskap linguistik khususnya tanda luar ruang.

Kegiatan SENASTEK IX Universitas Udayana 2022 kali ini dilaksanakan pada 29-30 November 2022 & 1 Desember 2022 di The Patra Bali Resort & Villas, dengan mengambil tema “Riset dan pengabdian Inovatif Berkelanjutan Menuju Universitas Udayana Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum”. Kegiatan ini merupakan bentuk agenda tahunan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Udayana dalam upaya penyebarluasan hasil-hasil penelitian akademisi dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga apa yang menjadi temuan-temuan peneliti bisa diadopsi secara positif oleh masyarakat sasaran serta bermanfaat bagi kemajuan iptek pada rumpun ilmu yang berkaitan.

Dalam wawancaranya Sagung merasa sangat antusias dengan pelaksanaan kegiatan SENASTEK IX Universitas Udayana 2022. Hal ini karena dalam pelaksanaan kegiatan SENASTEK IX ini mampu menjadi ajang untuk saling bertukar pikiran antar peneliti dari berbagai bidang yang berbeda agar mampu saling mengisi dan memberikan kritik membangun bagi penelitian yang tengah dijalankan. Ke depannya ibu Sagung berharap agar kegiatan SENASTEK bisa dilaksanakan dalam skala internasional, sehingga bisa terjadi pertukaran ilmu serta pola pikir yang lebih kompleks. (Pbm5)

Sumber: http://www.unud.ac.id


TAGS :

Komentar