Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Putu Parwata “Launching” Galery UMKM di Sekretariat DPRD Badung

Ketua DPRD Badung Putu Parwata didampingi Ketua Komisi IV Made Suwardana melakukan launching yang ditandai dengan pemotongan pita

Denpasar, PorosBali.com-  Ketua DPRD Badung Putu Parwata didampingi Ketua Komisi IV Made Suwardana dan sejumlah anggota seperti Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha, I Nyoman Graha Wicaksana, Luh Putu Gede Rara Hita Suksma Dewi, serta Sekretaris Dewan Gusti Agung Made Wardika, Jumat (11/11/2022), me-launching Galery UMKM di Sekretariat DPRD Badung. Galery ini nantinya akan menampung produk-produk UMKM seperti produk kuliner, fashion, kerajinan dan sebagainya.

Saat launching, Galery UMKM baru memajang produk oleh-oleh khas Badung yakni Pia Paksi yang memiliki aneka cita rasa. Di antaranya cokelat, keju, kacang hijau dan sebagainya. Setelah melakukan launching yang ditandai dengan pemotongan pita, Ketua DPRD Badung Putu Parwata diserta sejumlah anggota dan undangan lainnya melihat dari dekat Galery UMKM tersebut dan melakukan icip-icip terhadap Pia Paksi yang dipajang di tempat tersebut.

Putu Parwata menegaskan, Galery UMKM ini dibuat dengan tujuan membangun kreativitas di DPRD ini pasca-covid supaya ekonomi bergerak baik di sektor pertanian maupun UMKM. Ini semua kita dorong. Tempat ini merupakan tempat masyaraklat Badung khususnya UMKM di pertanian dan semua contoh-contohnya bisa ditaruh di sini dan mereka bisa berjualan di sini.

Tempat ini, tegasnya, untuk mempromosikan barang dan menjual sebagai bentuk rumah rakyat. Ini betul-betul rumah rakyat yang memfasilitasi. Tidak saja difasilitasi dalam program kegiatan, hibah, BKK tetapi dalam bentuk kongkret mamasarkan produk UMKM di tempat ini. “Mereka tidak perlu bayar, yang penting masyarakat mempunyai suatu inisiatif untuk membangun dan mengambangkan UMUM. Itu maksudnya,” tegas politisi PDI Perjuangan asal Dalung, Kuta Utara tersebut.

Dengan begitu, ungkap Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung tersebut, pascacovid ini masyarakat sudah punya peluang untuk maju di sisi ekonominya. Saat ini, Galery UMKM ini bisa menampung setidaknya produk dari 40 UMKM. Bisa juga lebih karena yang dipajang di sini adalah contoh-contoh produknya sehingga bisa banyak.

Terkait baru satu produk saja yang dipajang di Galery UMKM, Parwata menegaskan, Pia Paksi ini adalah pelopor. Pia ini merupakan yang pertama yang mau bekerja sama untuk mengisi kesempatan yang diberikan oleh sekretariat DPRD Badung. Tetapi berikutnya silakan. Pihaknya juga mengambil momen juga yakni momen ulang tahun ke-13 Mangupura, ibu kota Kabupaten Badung. Kedua momen hari baik tanggal 11, bulan 11, tahun 2022. Jadi 111122,” ujarnya.

Saat ini baru satu yang siap, besok ada produk cokelat, berikutnya ada jaja uli. Dipastikan tidak lama lagi, Galery UMKM ini akan diisi puluhan produk UMKM di Badung. Jadi kita bergerak bersama-sama dengan masyarakat seperti tema Badung Tumbuh, Badung Hebat.

Soal mekanisme untuk bisa menempatkan produknya di Galery UMKM, kata Parwata, bisa bersurat langsung kepada DPRD, kedua melalui asosiasi-asosiasi yang ada. Ketua asosiasi yang nantinya menyampaikan kepada DPRD dan pimpinan DPRD prinsipnya setuju untuk pertumbuhan UMKM di Badung.

Dia optimis, semua produk yang dipajang di Galery UMKM akan cepat populer dan dibeli karena setiap hari ada saja tamu-tamu berkunjung ke DPRD Badung. “Hampir setiap hari ada tamu yang berkunjung ke DPRD Badung. Ini menjadi potensi untuk pemasaran produk-produk UMKM,” tegasnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar